Dosen Penyuluhan Pertanian UHO Perkenalkan Aplikasi e-Tani pada UMKM

  • Bagikan
Foto bersama antara dosen penyuluhan pertanian dan peserta pelatihan aplikasi e-Tani. Foto: IST.
Foto bersama antara dosen penyuluhan pertanian dan peserta pelatihan aplikasi e-Tani. Foto: IST.

SULTRAKINI.COM: Sejumlah dosen Jurusan Penyuluhan Pertanian, Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan sosialisasi dan memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Pembeli dan Penjual (E-Tani) kepada petani dan pemilik UMKM yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian kepada pelaku usaha dan petani Kecamatan Mowila dan Landono, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (4 September 2021).

Ketua Tim Kegiatan PKM, Iskandar, SP., M.Si., Ph. D menjelaskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut selain mengadakan pelatihan implementasi sistem aplikasi E-Tani kepada petani dan pemilik UMKM juga mengadakan pendampingan kepada mitra untuk memanfaatkan aplikasi E-Tani secara berkelanjutan.

Sejumlah dosen Jurusan Penyuluhan Pertanian dilibatkan dalam kegiatan yang dipusatkan di ruang Seminar Jurusan Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian UHO tersebut, yakni Dr. Awaluddin Hamzah, SP. M.Si, Salahuddin, SP., M.Sc.; Yoenita Jayadisastra, S,ST., M.Si. dan Darsilan Dima, SP., M.Si. Selain itu ikut melibatkan mahasiswa, Roy Fikram.

Menurut Iskandar, hal yang melatarbelakangi kegiatan tersebut adalah melihat keterbatasan informasi yang menyebabkan petani diharuskan melalui jalur panjang untuk bertemu dengan pembeli atau masyarakat konsumen akibatnya harga murah menjadi suatu kewajaran dalam memasarkan hasil pertaniannya.

“Teknologi komunikasi dan informasi melalui aplikasi E-Tani menjadi solusi dalam rangka memangkas rantai pemasaran yang begitu meresahkan petani. Pada aplikasi ini petani dan pemilik UMKM yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian dapat melakukan aktivitas jual beli secara langsung,” jelas Iskandar kepada SultraKini.com, Kamis (30 September 2021).

Baca:   Video_ Limbah Padi di Konsel, Antara Sumber Pencaharian dan Aroma Tak Sedap

Diuraikan, kegiatan yang didanai DIPA UHO tersebut mempunyai kontribusi kegiatan pengabdian berupa meningkatnya pemahaman akan pentingnya teknologi komunikasi dan informasi melalui aplikasi E-Tani yang merupakan media dalam menyajikan informasi serta media untuk penghubung antara petani dalam memasarkan hasil pertaniannya dan pemilik UMKM dalam memasarkan produknya di bidang pengolahan hasil pertanian.

Peserta kegiatan adalah anggota UMKM Mowila Jaya Chips di Kecamatan Mowila dan UMKM Kopi Tolaki di Kecamatan Landono, Konawe Selatan.

Editor: M Djufri Rachim

  • Bagikan