DPC GOPTKI Baubau Akan Gelar Seminar Online Hilangkan Stress Anak Belajar dari Rumah

  • Bagikan
Jadwal seminar online DPC GOPTKI Baubau (Foto: Ist)
Jadwal seminar online DPC GOPTKI Baubau (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sejak masuknya pandemi di Indonesia pada awal Maret 2020 harus memaksa anak sekolah harus belajar di rumah. Hal ini membuat anak kesulitan menerima materi pelajaran. Kebijakan belajar di rumah ini juga cukup dirasakan oleh orang tua siswa dampaknya, dengan harus turut mendampingi atau mengajar anaknya ditengah menyelesaikan tugas rumah tangga lainnya.

Untuk itu, dalam upaya menghindari stress yang dapat terjadi kepada anak maupun orang tua dalam proses belajar mengajar, Pemerintah Kota Baubau melalui Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) akan menyelenggarakan seminar online yang bertema “Generasi Unggul, Cerdas, dan Berkarakter PO-5” yang menghadirkan Direktorat PAUD Kemendikbud, Dr. Muhammad Hasbi, sebagai pemateri pada Kamis (10 Desember 2020) mendatang melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua DPC GOPTKI Kota Baubau, Nanik Hindaryatiningsih mengatakan pada seminar online tersebut akan diberikan materi bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik dan bagaimana orang tua dapat menjadi pendamping yang baik untuk anaknya.

“Hal ini dilakukan agar orang tua ataupun guru dapat mengambil langkah yang benar untuk menghilangkan stress bagi anak-anak di pembelajaran daring,” ungkap Nanik dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/12/2020).

Baca:   Akibat Pandemi, Antara Kejenuhan dan Keselamatan Siswa Belajar dari Rumah

Kata Nanik, seminar ini sangat baik diikuti oleh orang tua, baik orang tua ibu atau bapak maupun nenek atau kakek yang mempunyai anak atau cucu, seorang guru yang mengajar di tingkat TK, SD, SMP, maupun SMA.

Nanik berharap agar seminar ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Baubau. Tidak hanya kepada Ketua Dharma Wanita Persatuan tetapi juga guru, kepala sekolah, komite sekolah, maupun orang tua siswa bisa mengikuti seminar ini.

Menurutnya, seminar ini akan sangat menginspirasi dan memberi pengetahuan bagi guru dan orang tua agar dapat menjalankan peran masing-masing sehingga membebaskan anak-anak dari stress dan perasaan bosan akibat pembelajaran daring (zoom meeting).

“Saya berharap hal ini bisa diteruskan kepada tetangga, kerabat, anak, menantu, dan lain-lain,” kata Nanik

“Sampaikanlah sebuah kebaikan walaupun satu ayat. Semoga ini menjadikan ladang pahala bagi kita semua,” sambungnya.

Untuk itu, Nanik mengajak masyarakat Kota Baubau untuk ikut serta menghadiri seminar ini dan mengajak anak atau cucu di ruang zoom.

Adapaun jumlah peserta dalam seminar ini tidak dibatasi dan dapat diikuti oleh siapa saja sehingga ia berharap orang tua juga dapat mengajak anak atau cucunya di ruang zoom. Nantinya peserta selain diberikan bekal pengetahuan, setiap peserta juga akan mendapatkan sertifikat secara gratis.

Baca:   Danrem 143 HLO Bertandang ke Mapolda Sultra

“Peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pada laman yang telah kita sediakan dan akan diberikan password untuk join di zoom meeting,” pungkasnya. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamri
n

  • Bagikan