DPRD Konsel Tertarik Budidayakan Komoditas Perkebunan Asal Daerah Pati

  • Bagikan
Anggota Komisi II DPRD Konsel sedang melakukan kajian antar daerah di bidang ertanian dan perkebunan bertempat Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – DPRD Konawe Selatan (Konsel) tertarik membudidaya kelapa kopyor dan kelapa genja, usai mengunjungi Kabupaten Pati, Jawa Tengah dalam rangka kajian antar daerah bidang pertanian dan perkebunan.

Ketua Komisi II DPRD Konsel, Try Haryono mengatakan kajian antar daerah tersebut membantu pihaknya utamanya membantu Pemerintah Daerah Konsel menyusun dan merumuskan APBD kedepannya. Disatu sisi, inovasi bagi pemanfaatan banyaknya lahan kosong di wilayah setempat.

“Ini nantinya bisa menjadi acuan atau gambaran untuk membuat suatu inovasi dan kebijakan oleh DPRD Kabupaten Konawe Selatan guna membantu program Pemda Konsel,” kata Ketua Komisi II DPRD Konsel, Try melalui sambungan WhatsApp, Selasa (27/3/2018).

Alasan dipilihnya Kabupaten Pati, selain mempelajari kebijakan di bidang pertanian dan perkebunan dan mempelajari pengelolaan dua komoditas tersebut, budidaya kedua komoditas dianggap berkontribusi membangkitkan perekonomian masyarakat setempat, bahkan diakui Kementerian Pertanian RI.

“Ternyata jenis kelapa ini hanya ada di Pati dan komoditi ini memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat Pati. Jika ingin memesan bibitnya bisa kerja sama dengan Kabupaten Pati,” ujar Try.

Adapun anggota Komisi II DPRD Kabupaten Konawe Selatan yang ikut di kegiatan itu, di antaranya Djoko Suprihatin, Bahasmi, Amrozi Farid, Harmania, Hasnawati, dan Indah Surya T. Muhlis.

Baca:   Tetapkan 3 Tersangka Baru, Kuasa Hukum Mantan KasatPol PP Konawe Apresiasi Kinerja Polda Sultra

 

Laporan: Adryan Lusa

  • Bagikan