Dr Alimin Serahkan Alat Suling Minyak Nilam pada Petani Ranomeeto Barat

  • Bagikan
Alat suling nilam yang diserahkan kepada masyarakat petani nilam di Desa Opaasi, Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan. Foto Dok FMIPA UHO.

SULTRAKINI.COM: Tim program kemitraan masyarakat (PKM) Universitas Halu Oleo menyerahkan sebuah alat suling minyak nilam kepada masyarakat Desa Opaasi, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan, Sabtu (22 Oktober 2022).

Serah terima berlangsung di Balai Desa Opaasi dilakukan oleh Ketua Tim PKM UHO, Dr Alimin, S.Si., M.Si kepada Kepala Desa Opaasi, Muslan.

loker wartawan sultrakini

Selanjutnya alat suling tersebut akan dikelola oleh Bumdes setempat.

Kades Muslam merasa bersyukur atas bantuan alat suling tersebut sebab dengan masyarakatnya tidak perlu ke luar desa untuk pergi menyuling hasil panen nilam mereka. Hal senada disampaikan oleh sejumlah masyarakat tani nilam.

Alat suling berkapasitas lima karung nilam sekali suling didesain oleh Dr. Eng. La Agusu, S.Si., M.Si selaku anggota Tim PKM UHO dibantu teknisi Farhan Fikrada, S.T, alumni Fakultas Teknik Mesin UHO yang kini memiliki badan usaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi, CV Mega Karya Indonesia.

Ketua Tim, Dr Alimin mengatakan kendati alat suling tersebut masih berukuran relatif kecil tapi paling tidak sudah bisa melayani kebutuhan penyulingan di Desa Opaasi.

Dr Alimin yang juga sebagai ahli kimia sebelumnya telah terlibat dan membantu berbagai masalah petani minyak nilam. Catatan SultraKini.com mengungkapkan bahwa sebelumnya juga telah membuat pemurnian minyak nilam melalui teknik filtrasi sederhana. Baca: https://sultrakini.com/ahli-kimia-uho-temukan-filtrasi-minyak-nilam-melalui-teknologi-sederhana-dan-murah/

Baca:   Sebanyak 3.046 Orang Lolos SNMPTN UHO Registrasi Ulang

Bantuan tersebut sekaligus menyahuti keinginan masyarakat yang disampaikan oleh Kades pada saat tim PKM UHO melakukan sosialisasi teknik pemurnian minyak nilam di desa tersebut Juli 2022. Baca: https://sultrakini.com/ahli-kimia-uho-ajarkan-teknik-pemurnian-minyak-nilam-pada-petani-di-desa-opaasi/

Laporan: Shen Keanu

loker marketing sultrakini
  • Bagikan