Dua Sekolah di Kendari Raih Adiwiyata Mandiri

  • Bagikan
Kabid Dikdas Dikmudora Kendari, Meriyanti. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Kabid Dikdas Dikmudora Kendari, Meriyanti. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – SD Al Qalam dan SMPN 9 Kendari meraih adiwiyata mandiri di 2018. Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Meriyanti, mengaku kedua sekolah hanya melalui satu kali verifikasi.

Kedua sekolah tersebut hanya melalui tahap verifikasi awal yang biasanya dilanjutkan dengan verifikasi tahap akhir.

“Ini menunjukkan jika dokumen yang disampaikan sekolah tidak berbeda dengan kondisi yang ada lapangan,” terang Meriyanti, Senin (19/11/2018).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Mantan kepala seksi SD Dikmudora Kendari itu menambahkan, salah satu syarat utama mendapatkan adiwiyata mandiri, sekolah melakukan pembinaan di sekolah lain. Mininal mereka membina sepuluh sekolah yang memperhatikan kondisi lingkungan.

“Untuk diketahui, penghargaan adiwiyata mandiri 2018 akan diterima pada Desember 2018. Kemudian, selain dua sekolah, tahun ini sudah ada tiga SMP dan lima SD yang meraih adiwiyata mandiri,” jelasnya.

Adiwiyata mandiri merupakan salah satu program untuk mendorong warga sekolah berwawasan dan peduli lingkungan. Indikator program adiwiyata, misalnya kurikulum berbasis lingkungan, kebijakan sekolah berbudi dan berbudaya lingkungan, dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Baca:   Karang Taruna di Pulau Binongko Kawal Dana Kelurahan
  • Bagikan