Dua Tahun Operasi, KCS Bank Syariah Kendari Torehkan Pengelolaan Terbaik Ketiga se- Indonesia

  • Bagikan
Branch Manager BTN KCS Kendari, Edwin Barki. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM) 
Branch Manager BTN KCS Kendari, Edwin Barki. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dimomentum usianya yang ke- 2 tahun, Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Syariah (KCS) Kendari dinobatkan sebagai terbaik ketiga se- Indonesia oleh Bank BTN Pusat dalam pemberian kredit perumahan (KPR) dan atau pengelolaan bank terbaik.

Branch Manager BTN KCS Kendari, Edwin Barki, mengatakan selama tahun 2021 ini, cukup sukses membawa BTN Syariah Kendari hingga mencapai kinerja terbaik di semester I dari 26 cabang se- Indonesia.

“Alhamdulilah BTN Syariah Kendari ini dapat penghargaan terbaik nomor 3 di Indonesia. Jadi kita saat sekarang ini aset kita sudah mencapai 250 miliar. Ini cukup luar biasa,” ungkapnya, Kamis (25/11/2021).

Pencapaian tersebut, kata dia, bukanlah hal yang mudah. Karena salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengenalkan BTN Syariah Kendari mulai dari Safari Ramadan, ke komunitas-komunitas, dan perkumpulan asosiasi serta tempat-tempat Majelis Taklim selalu diperkenalkan konsep transaksional secara syariah.

“Animonya dari masyarakat sangat baik sekali di Sulawesi Tenggara ini khususnya Kota Madya Kendari, karena kantor cabang kita baru satu yah kita tidak ada kantor cabang yang lain baru,” ucapnya.

Kabar baiknya lagi, di Kota Madya Kendari ini meskipun baru dua tahun berkiprah, KCS BTN Syariah ada yang sangat membanggakan yaitu kolektibilitas sebanyak 1.800 KPR itu nol tidak ada tunggakan sama sekali, meskipun ditengah pandemi Covid-19.

“Jadi itu prestasi yang cukup membanggakan. Memang kita menentukan pondasi dan filternya yang cukup ketat tetapi itu akhirnya diterima oleh teman-teman asosiasi dan teman-teman bank di sini bahwa kita membuat suatu standarisasi sendiri makanya sebanyak 1.800 KPR itu selama 2 tahun ini tidak ada tunggakan satu pun nol, jadi MPL nya nol,” bebernya.

Selain itu, hal lain juga sangat membanggakan KCS BTN Syariah Kendari adalah program restrukturisasi kredit yang ditawarkan akibat Covid-19 dari sekian banyak debitur hanya ada 6 debitur KPR yang memanfaatkan program tersebut.

Baca:   Persediaan Pangan Buteng Aman sampai Idul Fitri 1439 H

“Padahal kita sudah tawarkan sesuai anjura  pemerintah tapi mereka tidak mau. Cuman sekarang,yang enam itu sudah lepas restrak dan mereka langsung melanjutkan angsuran dan sudah berkerja kembali jadi kita kan memberikan suatu relaksasi kemudahan bagi nasabah-nasabah yang terkena pademi,” terangnya.

Salah satu prinsip yang diemban oleh BTN Syariah Kendari dalam pemberian kredit perumahan atau bisnis KPR yaitu menanamkan suatu pondasi memfilterisasi dalam memberikan perumahan yang layak huni mulai dari infrastruktur seperti jalan, sumber air, dan drainasenya sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya oleh debitur atau masyarakat.

“Makanya hampir 140-an proyek di Sulawesi Tenggara ini yang ingin bergabung ke KCS kita tapi sampai sekarang ini baru 57 perumahan yang diterima karena kami filter jangan sampai karena orang ini beli rumah itukan untuk jangka panjang jangan sampai dia beli rumah dia tidak nyaman,” pungkasnya.

Dimomentum HUT yang ke 2 ini, KCS BTN Syariah Kendari juga mengadakan berbagai kegiatan sosial sebagai kepedulian sosial masyarakat, salah satunya pengajian bersama anak pondok pesantren dan bagi-bagi santunan.


Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan