Dua Usulan Program Peningkatan UMKM di Mubar Disetujui Pemprov Sultra

  • Bagikan
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Mubar, Takari Abdullah. (Foto: Koleksi Pribadi)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Usulan fasilitasi pemasaran produk tenun UMKM dan pelatihan penataan manajemen oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muna Barat disetujui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Mubar, Takari Abdullah, mengaku kedua agenda tersebut sebelumnya diusulkan dalam musyawarah pembangunan daerah RKPD Provinsi Sultra beberapa waktu lalu. Kegiatan prioritas tersebut merupakan usulan masyarakat pada musrenbang Kabupaten Mubar.

“Alhamdulillah hasil pembahasan saat musrenbang di Baubau lalu, Pemprov melalui dinas terkait akan mengakomodir usulan melalui kegiatan sosialisasi dukungan akses pemasaran dan kegiatan pelatihan penataan manajemen,” jelasnya, Selasa (5 April 2022).

Kedua agenda itu juga diusulkan dengan maksud untuk meningkatkan daya saing perekonomian daerah melalui peningkatan nilai tambah sektor-sektor unggulan.

Adapun kelompok usaha produk tenun UMKM yang menjadi lokasi usulan adalah Desa Waulai. Sedangkan pelaku UMKM akan mengikut pelatihan penataan manajemen berlokasi di Desa Kusambi.

Takari berharap item kegiatan tersebut semakin meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Sebab nantinya, mereka akan mendapatkan bimbingan mulai dari produksi, pengelolaan, pemasaran, desain, peningkatan teknologi, hingga SDM. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

Baca:   Pemprov Harapkan Atlet Buktikan Sultra "Gudangnya" Prestasi Dayung
  • Bagikan