Dua Warga Muna Meninggal Karena Covid-19, Bupati: Meski Zona Hijau Tetap Disiplin Prokes dan Vaksinasi

  • Bagikan
Bupati Muna LM Rusman Emba. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Bupati Muna, Rusman Emba mengaku wilayah pemerintahannya masih dilanda pandemi Covid-19. Belum lama ini dua orang warganya meninggal karena covid.

“Dua hari yang lalu ada masyarakat Kabupaten Muna (meninggal karena covid), warga Wakorumba Selatan dan seminggu yang lalu warga Parigi meninggal karena Covid-19,” jelasnya ketika menghadiri rapat paripurna DPRD, Sabtu (3/7/2021).

Dikatakannya, meski hari ulang tahun Kabupaten Muna ke-62 berada di tengah wabah Covid-19, namun wilayah Muna masih berada di zona hijau. Meski demikian, hal tersebut tetap perlu menjadi perhatian serius dalam mempercepat penanganan Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah pusat dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Pusat saat ini melakukan kebijakan pembatas berskala mikro melalui kebijakan Kemendagri yang tertuang dalam Peraturan Kemendagri Nomor 14 tahun 2021. Begitu juga dengan kebijakan presiden, sewaktu datang ke Kendari mengingatkan masyarakat melakukan vaksinasi, terkhusus pekerja pelayan publik dalam menekan penyebaran Covid-19. Muna saat ini menjadi peringkat keenam dalam pencapaian vaksinasi di Sultra,” terang Rusman.

Menyangkut percepatan penanganan Covid-19, Ketua DPRD Muna La Saemuna menekankan pada upaya pencegahan dengan mendisiplinkan diri pada gaya hidup sehat dan melakukan pola 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

Baca:   KNPI Perluas Jaringan Jangkau Komponen Kepemudaan

“Disamping itu kita tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bervitamin, serta ramuan rempah dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi,” tambahnya.

Bupati Muna LM Rusman Emba dan Ketua DPRD Muna La Saemuna atas nama pemerintah Kabupaten Muna menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga korban Covid-19. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan