Dukung Peralihan Siaran TV, Kominfo Baubau Siap Sukseskan Penghentian Siaran TV Analog ke Digital

  • Bagikan
Kadis Kominfo Kota Baubau, La Ode Darussalam (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Kadis Kominfo Kota Baubau, La Ode Darussalam (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kominfo Kota Baubau siap menyukseskan program Kementerian Kominfo dalam penghentian siaran TV Analog ke TV Digital atau Analog Switch Off (ASO) yang dapat dinikmati secara gratis.

Kementerian Kominfo menjadwalkan penghentian TV Analog ke TV Digital di Kota Baubau untuk tahap kedua selambatnya pada 25 Agustus 2022 bersama 110 kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau, La Ode Darussalam, mengatakan peralihan dari TV Analog ke TV digital merupakan sesuatu yang bagus untuk masyarakat maupun pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, dengan pengalihan siaran TV Digital ini maka masyarakat bisa terbantu dalam pemenuhan kebutuhan tersiernya (hiburan) menjadi jauh lebih hemat, dimana siaran ini dapat digunakan masyarakat tanpa membayar biaya bulanan atau membeli siaran televisi.

“Kita mengingat sekarang siaran TV sekarang ini kan masyarakat ada yang berbayar, contohnya mereka yang menggunakan IndiHome, TV kabel atau mereka yang menggunakan Indovision semua adalah merupakan siaran TV yang berbayar, nah ketika ini berubah menjadi digital maka akan membantu masyarakat dengan tanpa lagi harus membayar untuk menikmati siaran dari seluruh stasiun TV,” terang La Ode Darussalam ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2 Juni 2022).

Meskipun penerapan penghentian TV analog di Kota Baubau baru akan dijadwalkan pada Agustus mendatang, Kominfo Baubau telah siap mensosialisasi program tersebut. Bahkan dinilai perlu dilakukan lebih awal sehingga masyarakat mendapatkan informasi dan memahami segala keuntungan penggunaan TV digital.

Baca:   Kota Kendari Jangkau 17 Siaran Digital

La Ode Darussalam juga menegaskan bahwa setiap produk yang dikeluarkan tentunya akan ada kelebihan dan kekurangannya, sehingga tugas Kominfo adalah bagaimana melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga kebijakan ini dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

“Tidak semua masyarakat bisa merubah lagi televisinya yang tidak bisa menerima dari TV analog ke TV digital, jika perlu tambahan alat untuk menerima siaran TV Digital maka Kominfo siap mensosialisasikan kepada masyarakat,” tutupnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan