Dukung Program Digitalisasi Pemerintahan, Diskominfo Konawe Buat Command Center

  • Bagikan
Kadis Kominfo Konawe, M. Akib Ras (kedua dari kanan) bersama jajarannya. (Foto: dok)
Kadis Kominfo Konawe, M. Akib Ras (kedua dari kanan) bersama jajarannya. (Foto: dok)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Salah satu bentuk dukungan atas kebijakan dari pemerintah pusat tentang satu data Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) akan membangun Command Center atau pusat komando.

Secara umum, Command Centre dapat diartikan sebagai suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan cepat dalam mendukung atau merespons kejadian penting.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia bahwa digitalisasi pada pemerintahan menjadi suatu hal yang mutlak dan tidak dapat ditunda lagi. Dan salah satu tolak ukur kematangan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yaitu integrasi data dan dapat membatu pengambilan keputusan oleh setiap pimpinan daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Konawe, M. Akib Ras, mengatakan dengan hadirnya gedung command center Diskominfo Konawe segala data-data penting dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe akan ditransmisikan ke gedung tersebut.

“Saat ini program tersebut masih sementara di tahap review sebelum berlanjut ke tahap berikutnya yakni tahap lelang atau tender,” jelasnya, Senin (25 Juli 2022).

Akib menyebut, melalui teknologi fiber optik salah satu alat pendukung pengiriman data ke pusat Command Center, pada tahun ini hanya ada beberapa OPD yang menjadi prioritas, dikarenakan anggaran yang tidak mencukupi atau terbatas.

Baca:   Atlet Atletik PPLP Sultra Latihan Rutin Jelang Popnas 2019

“Kalau tahun ini kita prioritaskan dulu kantor yang berada di lingkar kantor Bupati Konawe, kemudian MPP kita yang saat ini sedang berjalan,” tuturnya.

Akib menambahkan, dengan adanya Command Center, selain pusat informasi data penting bagi setiap OPD Konawe, gedung tersebut dapat digunakan sebagai pemantau aktivitas para pegawai kantor yang telah terpasang teknologi fiber optik itu.

Selain memasang teknologi fiber optik, pihaknya juga akan memasang CCTV di tempat tersebut sehingga dapat memudahkan untuk melihat kedisplinan para pegawai lingkup Konawe.

“Kalau Pak Bupati mau memantau pegawainya bisa dilihat langsung di gedung itu, dari aktivitasnya hingga absensinya,” tutupnya.

Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Konawe, Muhammad Nur, saat dikonfirmasi sangat merespon baik atas gebrakan Pemkab Konawe melalui Diskominfo.

Menurutnya, sudah semestinya suatu daerah harus memiliki gedung Command Center sebagai pusat data dari berbagai kegiatan yang dilakukan OPD khususnya Konawe. Sehingga masyarakat paham dan mengetahui program apa saja yang tengah dilakukan pemerintah daerah.

“Kalau ada yang mengawasi kinerjanya kita itu malah makin bagus, karena saya orangnya suka bekerja, jadi saya dukung program ini dan itu sangat bagus,” tandasnya.


Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan