Enam Langkah Memulai Pola Hidup Sehat

  • Bagikan
Enam Langkah Memulai Pola Hidup Sehat foto: Pos kupang.com
Enam Langkah Memulai Pola Hidup Sehat foto: Pos kupang.com

SULTRAKINI.COM: Setiap orang ingin hidup sehat, namun tidak semua bisa menjalaninya dengan teratur. Salah satu munculnya rasa enggan itu karena kesibukan pekerjaaan.

Pola hidup sehat itu memang tidak bisa dijalankan bagi setiap orang. Mungkin setiap orang memiliki aturan pola hidupnya sendiri. Ada yang merasa tidur empat jam itu cukup, namun ada pula yang beranggapan tidur itu harus delapan jam. Pendapat orang bisa berbeda-beda tergantung orangnya dan tempatnya.

Ada banyak cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan diikuti siapapun. Kuncinya, ada niat dan kemauan keras untuk berkomitmen melakoninya.

Berikut ini enam cara menjaga gaya hidup sehat yang mudah dilakukan, tidak memakan banyak waktu, dan bisa jadi kebiasaan yang sangat baik untuk tubuh.

Istirahat Cukup

Istirahat cukup sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Jika tubuh disibukkan dengan banyak aktivitas setiap harinya dan kurang beristirahat,  tubuh akan rentan terkena penyakit. Beristirahat cukup setiap harinya, kamu sudah melakukan cara menjaga hidup sehat dengan baik.

Setiap orang dapat melakukan istirahat sesuai kebutuhan masing-masing. Namun, istirahat yang baik dan dianjurkan adalah tidur. Tidur merupakan cara terbaik melakukan istirahat. Tidur pada malam hari secukupnya minimal selama 6 jam. Tubuh yang mendapat istirahat yang baik akan mengembalikan kebugaran.

Baca:   Cuaca Dingin Picu Stroke dan Serangan Jantung

Memperhatikan Asupan Makanan

Menjaga gaya hidup sehat bisa dengan mengatur jenis makanan untuk dikonsumsi setiap harinya. Misalnya, berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan manusia adalah karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak menyebabkan penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Hal ini bisa memicu berbagai macam penyakit kronis.

Minum Air Putih

Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat yang mudah. Karena dengan meminum air putih bisa mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh melalui air seni. Tubuh sangat membutuhkan unsur cairan karena banyaknya aktivitas setiap hari sehingga kamu sangat dianjurkan minum minimal setidaknya delapan gelas per hari. Dengan banyak minum akan membuat fungsi metabolisme dalam tubuh selalu terjaga.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Selain itu meminum air putih secara rutin juga sangat diperlukan mengingat tubuh banyak kehilangan cairan melalui keringat, nafas, maupun air seni setiap harinya.

Rajin Berolahraga

Meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan salah satu cara menjalani gaya hidup sehat. Karena olahraga membuat tubuh lebih bugar. Berolahraga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat. Menjaga gaya hidup sehat tidak lengkap jika tidak berolahraga. Dengan berolahraga juga kita bisa terhindar  dari berbagai penyakit.

Baca:   Saung Berkarya, Solusi Bagi Masa Depan Indonesia

Berolahraga dapat membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Selain itu, berolahraga juga memperbaiki postur tubuh, sehingga kita menjadi percaya diri saat beraktivitas sehari-hari.

Membiasakan Hidup Bersih

Menjaga kebersihan termasuk cara hidup sehat. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga membuat suasana hati lebih baik, ketika kamu memulai beraktivitas. Tidak lupa juga memperhatikan kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Karena dalam beraktivitas sehari-hari pastinya kamu memegang banyak benda atau barang-barang yang tidak diketahui kebersihannya.

Penerapan pola hidup bersih dan sehat itu sangat dianjurkan Mengingat banyak orang yang sangat lalai dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya. Padahal, kelalaian itu akan berdampak besar bagi dirinya sendiri dan orang banyak.

Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Pada poin ini kamu harus benar-benar meninggalkan kebiasaan negatif, seperti merokok dan meminum-minuman berakohol. Karena merokok dan minum-minuman beralkohol akan mengakibatkan organ-organ di dalam tubuh rusak.

Meninggalkan kebiasaan buruk, butuh komitmen dan kesabaran. Misalnya, mulailah dengan hal-hal yang kecil dan ulangilah perilaku baik tersebut agar menghilangkan kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan.

Sumber: Dari berbagai sumber

Laporan: Wa Ode Dirmayanti

  • Bagikan