Enam Pesawat Tempur F-16 Bermanuver di Langit Kota Lulo 

  • Bagikan
Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon saat di Bandara Lanud Haluoleo, (Foto: Ist)
Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon saat di Bandara Lanud Haluoleo, (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Warga Kota Kendari sempat dikagetkan dengan aksi penerbangan pesawat tempur dengan ketinggian rendah pagi tadi, Senin (15/2/2021).

Aksi penerbangan pesawat ini sempat menyita perhatian warga Kota Kendari hingga menimbulkan pertanyaan, ada apa?.

Salah satunya Risman (19) warga Anduonuhu, Kota Kendari, mengungkapkan aksi pesawat melintas pendek tersebut sempat mencuri  perhatiannya saat pesawat melintasi langit Kota Lulo, tidak seperti biasanya.

“Saya lihat ada beberapa pesawat tempur yang melintas secara beriringan dan beberapa kali manuver,” ungkapnya.

Menyikapi hal itu, Komandan Lanud Haluoleo, Kolonel Pnb Muzafar mengatakan bahwa keenam pesawat tersebut merupakan pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon yang menggelar latihan terbang jelajah dan operasi lintas seriwang melintas di Kawasan Lanud Haluoleo.

“Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Barat yang menerbangkan 6 Pesawat F-16 Fighting Skadron Udara 3 tersebut menuju udara Sulawesi Tenggara dengan Calsign Falcon,” ungkapnya.

Selain itu, Kolonel Pnb Muzafar juga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan latihan rutin dengan misi terbang jelajah dan operasi lintas Seriwang yang di gelar oleh Skadron Udara 3 untuk mengetahui kesiapan tempur pesawat maupun para penerbangnya.

“Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengisian bahan bakar dengan metode Hot Pit, dimana saat pengisian bahan bakar pesawat, mesin pesawat masih dalam keadaan hidup guna lebih cepat dalam melakukan operasi lanjutan,” ungkap Kolonel Pnb Muzafar. (B)

Baca:   Dugaan Penipuan, Anak Lorong Tantang Bupati Koltim

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan