Forum Kreatif Milenial Hadir di Kolaka

  • Bagikan
Anggota Kremil Kolaka. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Workshop ekonomi kreatif sub sektor media di Kabupaten Kolaka tidak hanya berfokus pada pengembangan konten dan fotografi pariwisata dan ekonomi kreatif, tetapi dibentuk juga forum kreatif milenial.

Dibentuknya forum kreatif milenial atau dikenal kreamil ini merupakan wadah diskusi sekaligus sarana bagi kaum milenial untuk berkolaborasi bersama pemerintah dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayahnya.

Menurut Inisiator Sultra Kreatif Forum dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Rafi Udin Rachil, problematika serta kendala-kendala yang ditemukan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif membutuhkan solusi yang tepat yang lahir tidak hanya dari pemerintah, melainkan masyarakat termasuk milenial.

Langkah-langkah inisiasi untuk mengatasi masalah tersebut membutuhkan persiapan dan ide kreatif tentunya serta kesadaran kolektif dari para penggiat agar persoalan tersebut bisa segera teratasi hingga membawa dampak positif ke depannya.

“Harus ada forumnya, harus ada kelembagaannya, harus ada kelompoknya, harus ada komunitasnya yang kemudian ingin berbuat dan bergerak karena kalau tidak ada ini pemerintah jadi ‘pemain sendiri’, dan semua kesenjangan yang terjadi itu bukan beban pemerintah tapi kita semua,” jelasnya, Selasa (7/12/2021).

Inisiator Sultra Kreatif Forum dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Rafi Udin Rachil. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

Minimal, kata Acil panggilan akrab Rafi Udin Rachil adalah ide maupun gagasan dari milenial ikut mempengaruhi kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah daerah.

Baca:   Pizza Crispy dan Crunchy sudah bisa Dinikmati dengan Harga Promo

“Jadi saya ingin tunjukkan ke teman-teman jadi mitra strategis, kita harus juga ikut mempengaruhi dalam menentukan arah kebijakan, minimal gagasan dan inisiatif kita menjadi input dari sebuah kebijakan,” sambungnya.

Untuk diketahui, forum kreatif milenial dibentuk di enam titik lokasi pelaksanaan workshop ekonomi kreatif milenial, yaitu Kota Kendari, Kabupaten Muna, Kota Baubau, Kabupaten Buton, Bombana, dan Kabupaten Kolaka sebagai daerah terakhir kegiatan tersebut.

(Baca juga: Kolaka Jadi Wilayah Terakhir Roadshow Ekonomi Kreatif sub Sektor Media, Dispar Mengapresiasi)

Forum ini ditargetkan akan melahirkan ide-ide kreatif maupun program yang lahir dari para milenial dalam upaya pemerintah daerah meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, utamanya di bidnag promosi dan eksplorasi digital.

Khusus di Kabupaten Kolaka, Ketua Kremil terpilih, yaitu Andi, Wakil Ketua Yoyo, Sekretaris Ruslan, Bendahara Indarianti, Ketua Divisi Publikasi dan Dokumentasi Zulfikar, Ketua Divisi Kuliner Lokal Hazir, Ketua Divisi Tradisi dan Budaya Selfi, Ketua Divisi Seni Kerajinan Riskatun, Ketua Divisi Objek Wisata Jasman, serta Ketua Divisi Dana dan Usaha Lokal oleh Rahman.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan