Forum Organisasi Zakat Sultra Resmi Dibentuk dan Kukuhkan Pengurus

  • Bagikan
Ketua FOZ Sultra, Hassan Afif (tengah) usai dikukuhkan oleh Ketua FOZ Pusat. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Forum Organisasi Zakat (FOZ) Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai asosiasi lembaga pengelola zakat yang berfungsi sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia resmi deklarasikan pengurus di salah satu hotel Kota Kendari, Rabu (26 Oktober 2022).

FOZ hadir dengan visi menjadi asosiasi organisasi pengelola zakat (OPZ) yang amanah dan profesional, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. OPZ dibawah pengelolaan FOZ sekarang berjumlah 199 organisasi.

loker wartawan sultrakini

Di Sultra sudah ada 5 organisasi pengelola zakat telah berhimpun di FOZ, yaitu Dompet Dhuafa, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), Yakesma.

Kelima organisasi tersebut bersepakat menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) FOZ Sultra perdana. Muswil untuk pertama kali ini dihadiri langsung Bambang Suherman selalu Ketua FOZ (Forum Organisasi Zakat) Pusat.

“Ini adalah sejarah baru bagi Sultra dengan pembentukan FOZ Sultra. Semoga dengan adanya FOZ Sultra ini makin menguatkan gerakan zakat di Bumi Anoa,” ucap Bambang dalam sambutannya.

Musyawarah wilayah yang dihadiri sekitar 20 amil tersebut menghasilkan deklarasi pembentukan Forum Organisasi Zakat (FOZ) Sultra sekaligus menetapkan Hassan Afif dari Dompet Dhuafa sebagai Ketua FOZ Sultra, Fatahillah dari BMH sebagai Sekretaris, dan Rian Nurhayati dari IZI sebagai bendahara.

Baca:   Ini Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat, Siapa Saja?

“Peningkatan kapasitas amil, pemetaan mustahik, serta meningkatkan kolaborasi antara sesama anggota OPZ dan stakeholder lainnya merupakan beberapa program di FOZ Sultra nantinya”, ucap Hassan usai dikukuhkan sebagai Ketua FOZ Sultra.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan