FPIK UHO Tanam Seribu Pohon Mangrove di Ranooha Moramo

  • Bagikan
Aksi penanaman seribu pohon mangrove di pantai Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawes Selatan.

SULTRAKINI.COM: Sebanyak seribu bibit mangrove ditanam di perairan  pantai  Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo,  Kabupaten  Konawes Selatan, Sulawesi Tenggara

Penamaman dilakukan oleh sejumlah dosen dan mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo bersama masyarakat setempat sebagai bagian dari kegiatan PKMI-UHO.

loker wartawan sultrakini

Ada pun tim dosen yang terlibat pada kegiatan tersebut adalah Muhammad Ramli, Yusnaini, Andi Irwn Nur, Rahmadani, Adi Imam Wahyudi dibantu mahasiswa FPIK dan PPs UHO.  Sedangkan dari pihak pemerintah setempat ikut hadir Kepala Desa Rahona Raya, Marhali bersama Sekretaris Desa, Hasanuddin.

Tim dosen yang diwakili Muhammad Ramli menjelaskan aksi peduli di luar kampus itu dilakukan di perairan  pantai  Desa Ranooha Raya dengan pertimbangan bahwa perairan pantai desa tersebut telah  mengalami kerusakan hutan mangrove dengan adanya aktivtas lahan atas yang dapat mempengahuri sumberdaya ikan, terutama  benih lobster.

Foto bersama usai penanaman seribu mangrove antara dosen, mahasiswa dan masyarakat. Foto: Dok FPIK UHO.

Dijelaskan, degradasi lingkungan merupakan ancaman  besar yang dialami berbagai wilayah pesisir sehingga UHO merupakan institusi yang peduli terhadap kelestarian  lingkungan, mempunyai program green campus.

Kegitan penanaman pohon mangrove dirangkai dengan kegiatan sosialisasi pengguanaan wadah berupa kantong jaring panjang untuk penanganan atau pemeliharaan lobster

“Penerapan teknologi tepat guna ini merupakan wujud kepedulian  Univeristas Halu Oleo terhadap lingkungan dan masyarakat,” tandas Ramli kepada SultraKini.com, Minggu (14 November 2021).

Baca:   KPU Konsel Pastikan Tak Ada Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan

Kades Marhali merasa bersyukur atas kegiatan yang dilakukan pihak UHO di daerahnya, sehingga ia pun berharap kegiatan sejenis  ebaiknya terus dikembangakan, perluasan kawasan penanaman mangrove dan penanagan dan pemelihaan lobster serta  dipantau perkembangannya.

Laporan: Shen Keanu

loker marketing sultrakini
  • Bagikan