Gagahnya Presiden Jokowi Pakai Baju Kesultanan Buton di Upacara HUT RI ke-77

  • Bagikan
Pakaian adat Kesultanan Buton dipakai Presiden Jokowi di upacara HUT RI ke-77. (Foto: potongan video Sekretariat Presiden)

SULTRAKINI.COM: Presiden RI, Joko Widodo mengenakan pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani di upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara, Rabu (17 Agustus 2022). Coraknya berwarna merah yang dibuat khusus untuk Presiden Jokowi.

Nampak Jokowi memasuki area berlangsungnya upacara HUT RI dengan pengawalan ketat. Tidak hanya Presiden memakai pakaian adat, melainkan para tamu undangan yang mengikuti upacara tersebut sebagai bentuk kekayaan dan keragaman budaya di Indonesia.

(Baca: Presiden Jokowi akan Pakai Baju Adat Khas Provinsi Sultra saat Upacara HUT RI ke-77)

(Baca juga: Mengenal Tombi, Bendera Kerajaan Konawe yang akan Berkibar di Istana Negara)

Pakaian adat Kesultanan Buton dipakai Presiden Jokowi di upacara HUT RI ke-77. (Foto: potongan video Sekretariat Presiden)

Upacara di Istana Negara yang disiarkan langsung di Sekretariat Presiden itu memperlihatkan Presiden Jokowi elegan dengan pakaian adat Kesultanan Buton. Namun ada yang berbeda dengan warnanya, sebab lazimnya pakaian kesultanan itu berwarna hitam. Di momen ini, baju tersebut sengaja dibuat khusus untuk Jokowi di upacara hari kemerdekaan ke-77 dengan corak merah.

Baju Kesultanan Buton dikenakan Jokowi lengkap dengan stel baju, celana, sarung, dan kopiah. Saat mengenakan pakaian ini dilengkapi dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), dan ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat).

.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Feni Sul Fianah

Baca:   Berlangsung Virtual, Bupati Buton: Tidak akan Mengurangi Kekhidmatan MTQ
  • Bagikan