Galau Putus Cinta? Obati dengan 12 Cara Move On Paling Ampuh

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Feni Sul Fianah/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Putus cinta kadang menyakitkan. Bagi sebagian orang putus cinta bisa menjadi sangat menyiksa, bahkan sampai mengorbankan diri sendiri. Tidak hanya menjadi beban pikiran, putus cinta juga dapat mempengaruhi kondisi fisik bahkan mental seseorang.

Studi menunjukkan, perasaan galau saat berpisah dengan pasangan muncul karena otak belum terbiasa sendiri setelah banyak menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai.

Selain itu, rasa cinta memberikan efek obsesi pada seseorang sehingga membuat move on seringkali terhambat. Namun, Anda harus mampu mengatasi hal ini karena terlalu lama galau saat putus cinta berpotensi berdampak buruk terhadap kesehatan.

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika putus cinta, salah satunya dengan jalur move on. Namun, gagal move on kerap kali terjadi pada seseorang akibat terus membayangi kenangan-kenangan manis bersamanya.

Walaupun move on dari mantan kekasih tidak semudah yang dibayangkan, tetapi hal tersebut menjadi sesuatu yang harus dihadapi. Tak ada cara menghilangkan patah hati kecuali dengan melaluinya.

Agar move on Anda berhasil, berikut cara ampuh melupakan mantan dilansir dari berbagai sumber:

  1. Jangan kepoin sosial medianya

Cobalah untuk menahan diri agar tidak mencari tahu tentang dia melalui media sosial. Hal ini dapat membantu Anda perlahan-lahan melupakannya.

Baca:   Mata Iritasi Softlens? Ini 3 Tips Mengatasi Mata iritasi Akibat Pengunaan Softlens
  1. Ingat perilaku buruknya

Dengan terus mengingat hal-hal buruk tentang mantan saat menjalin hubungan dulu, bisa mengurangi rasa cintamu terhadapnya. Hal ini juga dapat menjadi jalur paling ampuh kedua.

  1. Blokir kontak dan semua sosial media

Memblokir semua yang berhubungan dengan si dia bisa menjauhkan Anda dari sakit hati yang lebih dalam dan cara terbaik melatih otak untuk maju karena kesehatan mental sangatlah penting.

  1. Hapus foto

Menghapus foto mantan dari galeri ponsel dapat memberi otak istirahat untuk membangun jalur saraf baru. Hal itu juga membantu Anda lebih cepat pulih dari perpisahan.

  1. Jauhkan semua barang pemberian mantan

Agar move on Anda berhasil, jauhkan semua hal yang berhubungan dengan mantan seperti barang-barang yang pernah diberikan. Jika memang memungkinkan, sumbangkan atau berikan kepada orang lain.

  1. Upgrade diri menjadi Lebih Baik

Dibanding menghabiskan waktu serta energi untuk mengingat mantan kekasih, kamu juga dapat memilih kegiatan produktif untuk mengasah kemampuan. Misalnya, mulai meningkatkan kemampuan berbahasa asing atau mengikuti kegiatan kepemimpinan maupun menggeluti hobi. Kamu pun dapat bermanfaat bagi orang lain.

  1. Lakukan hal yang menyenangkan

Lakukan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan seperti makan makanan enak, mengunjungi tempat-tempat ramai, dan berbelanja. Buat diri bergerak mulai beraktivitas. Dengan begitu bisa membuatmu menyenangkan serta mengalihkan pikiran dan membuat Anda lupa dengan perkara cinta. Anda juga perlu menyakinkan diri bahwa hidup harus terus berjalan.

Baca:   Hal Buruk yang Dilakukan Setelah Putus Cinta
  1. Mulai merawat diri dan penampilan

Anda dapat mulai membangkitkan kepercayaan diri kembali dengan memperbaiki penampilan. Lakukan perawatan diri secara rutin. Hal ini dapat membuat Anda merasa berbahagia saat melakukan hal tersebut untuk diri sendiri.

  1. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman

Hindari menghabiskan banyak waktu seorang diri. Anda dapat melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga juga teman-teman. Beri waktu luang sejenak bagimu untuk liburan atau melakukan berbagai hal lainnya.

  1. Hindari mendengarkan lagu-lagu sedih

Langkah move on berikutnya adalah menghindari berbagai lagu dengan genre sedih. Musik juga dapat mempengaruhi suasana hati secara tidak langsung. Hindari memutar lagu kesukaan yang bertema kesedihan dan perpisahan sementara waktu.

  1. Sibukkan diri dengan beribadah

Dekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah serta mintalah pertolongannya untuk segera bergegas menata kembali kehidupan. Anda juga dapat berbagi dengan bersedekah kepada sesama.

  1. Cari yang Baru

Jangan terus merasa terpuruk dan menutup diri atas perpisahanmu dengannya. Cobalah untuk membuka lembaran baru. Yakinlah Anda masih bisa bahagia dan menemukan yang lebih baik darinya. (C)

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan