Gempa Bermagnitudo 5,1 Guncang Kota Bitung

  • Bagikan
Pantauan gempa BMKG
Pantauan gempa BMKG

SULTRAKINI.COM: Jumat, 26 Oktober 2018 pukul 07.15.24 WITA, wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung, Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukan gempa bermagnitudo 5,1.  

Episenter gempa terletak pada koordinat 1,52 LU dan 126,31 BT, tepatnya di laut pada jarak 123 kilometer arah timur Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempamerupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa di wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung, dibangkitkan oleh deformasi batuan lempeng Laut Maluku dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar zona Siau-Tagulandang.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah sesar naik (Thrust Fault),” ujar Rahmat.

Dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap BMKG) menunjukan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Manado dan Tondano pada skala II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukan gempa tidak berpotensi tsunami

Baca:   Efek Gempa dan Tsunami Palu, Pendaftaran CPNS Diperpanjang

Hingga pukul 07.47 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan.  Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sumber: BMKG

Laporan: Hartia

  • Bagikan