Gempa Guncang Baubau

  • Bagikan
Monitoring gempa di Kota Baubau, Senin (3/5/2021). (Foto: BMKG)

SULTRAKINI.COM: Sebelah timur laut Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara diguncang gempa tektonik pada Senin (3 Mei 2021) pukul 09:29:05 Wita.

Gempa bermagnitudo 2,7 itu berlokasi di laut pada jarak 2,6 kilometer timur laut Wolio, Kota Baubau di kedalaman 8 kilometer.

Getaran gempa diakibatkan aktivitas Sesar Buton Segmen B di Kota Baubau dan merupakan gempa dangkal.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, menerangkan laporan masyarakat dikatahui getaran gempa dirasakan di Baubau dengan skala II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Hingga pukul 10:47:00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock),” ucapnya, Senin (3/5/2021).

Masyarakat juga diimbau BMKG untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tambahnya.

Editor: Sarini Ido

Baca:   Beredar Isu Tsunami, Ratusan Warga Kolaka Utara Mengungsi
  • Bagikan