Genjot Capaian Vaksinasi, Puskesmas Bataraguru Layani Vaksinasi Senin hingga Sabtu

  • Bagikan
Pelayanan vaksinasi di Puskesmas Bataraguru, Baubau. (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan menimgy capaian program vaksinasi, Puskesmas Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau membuka layanan vaksinasi setiap hari kerja mulai Senin hingga Sabtu.

Lurah Bataraguru, Abdul Rajab, mengajak masyarakat Kota Baubau yang belum melakukan vaksinasi untuk datang di Puskesmas Bataraguru. Layanan vaksinasi ini bukan hanya kepada masyarakat Bataraguru saja tetapi untuk masyarakat umum yang tidak menetap di Bataraguru bahkan masyarakat dari luar Kota Baubau.

“Jadwal untuk vaksin di Puskesmas Bataraguru itu sebenarnya hanya pada Selasa dan Kamis, hanya kebetulan ini program pemerintah makanya vaksinasi di Puskesmas ini dilayani mulai dari Senin sampai Sabtu untuk saat ini,” kata Rajab, Jumat (10/12/2021).

Rajab mengatakan, upaya sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat telah disampaikan kepada masyarakat melalui  RT/RW masing-masing.

“Ada sebagian yang mau karena kami bujuk bahwa itu untuk kekebalan tubuh,” ujarnya.

Menurut Rajab, pemberian vaksinasi ini tidak lain adalah untuk kebaikan masyarakat sendiri. Untuk itu guna membentuk kekebalan tubuh masyarakat Kelurahan Bataraguru, pemerintah kelurahan mengambil kebijakan untuk menunda pemberian pelayanan pengurusan berkas kepada masyarakat yang belum mengantungi sertifikat vaksin.

“Untuk saat ini khusus masyarakat Bataraguru itu belum mencapai 50 persen yang sudah vaksin. Jadi, asal ada pelayanan kami menanyakan sudah vaksin atau belum, kalau belum tolong lakukan vaksin, setelah itu kami layani. inikan (vaksinasi) untuk masyarakat juga,” terangnya.

Baca:   Konut Target 40 Medali Emas di Porprov XIII

Adapun pelayanan di Puskesmas Bataraguru dibuka pada pukul 9.00 Wita sampai 11.00 Wita. Apabila masyarakat datang diluar jam tersebut dapat melakukan registrasi terlebih dahulu untuk melakukan vaksinasi pada keesokan harinya.

“Sebelumnya menunggu minimal 10 orang yang mau vaksin baru ada pelayanan vaksinasi. Untuk sekarang sudah bisa jadi masyarakat mau vaksin 2 orang saja silahkan ke puskesmas,” tutupnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan