Genjot Populasi Hewan Ternak, Disnakeswan Konawe Beri Bantuan Bibit Pakan ke Peternak

  • Bagikan
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terus berupaya meningkatkan populasi hewan ternak sapi, salah satunya memberikan bantuan bibit pakan kepada para peternak.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe, Jumrin, mengatakan dalam mendukung peningkatan populasi ternak sapi di wilayah setempat, pihaknya membuat program penanaman pakan ternak sehingga para peternak tidak kesusahan lagi menyuplai kebutuhan pakan ternak mereka.

“Program ini masih sejalan dengan program Inseminasi Buatan kita,” jelasnya, Selasa (12 Juli 2022).

Jumrin menjelaskan, adapun jenis bibit rumput dikembangkan dan diberikan kepada peternak terdiri dari rumput gajah, Setaria, dan Bede.

“Untuk saat ini kelompok tani di Konawe sekitar 100 lebih yang menjalankan program IB (Inseminasi Buatan), dan ini kita bantu dalam pemberian bibit pakan ternak,” ujarnya.

Jumrin menambahkan, dengan bantuan bibit pakan ternak tersebut, para peternak dapat manfaatkan area lahan miliknya untuk digunakan dalam menanam dan mengembangkan pakan ternak tersebut, sehingga petani akan termotivasi dalam berternak tanpa harus khawatir persediaan pakannya.

“Kita berharap bantuan ini sekiranya membantu mereka dan meningkatkan populasi sapi kita di Konawe,” tambahnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Baca:   Yuk.. Berburu Sayur dan Buah Segar di Pasar Tani Kendari
  • Bagikan