Gerindra Sultra Mulai Menggodok Cawabup Koltim

  • Bagikan
Sekretaris DPD Gerindra Sultra, Safarullah. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Provinsi Sulawesi Tenggara mulai menggodok nama-nama yang bakal diusung sebagai calon wakil bupati Kolaka Timur (Koltim) mendampingi Bupati Andi Merya Nur.

Partai besutan Prabowo Subianto ini tengah menunggu nama dari DPC Gerindra untuk kemudian ditindaklanjuti DPD Gerindra dan dibawa ke DPP untuk ditetapkan satu nama sebagai calon wakil bupati Koltim.

Sejumlah nama yang disebut berpotensi maju sebagai calon wakil bupati Koltim adalah Arsalim Arifin yang merupakan mantan Wakil Bupati Konawe Selatan, Ketua DPC Gerindra Konawe Wahyu Ade Pratama Imran, kader Gerindra Sultra Bahtra, dan anggota DPRD Koltim Arham Said dan Muh Amin.

Sekretaris DPD Gerindra Sultra, Safarullah membenarkan bila partainya saat ini sementara menunggu nama-nama bakal calon yang digodok untuk kemudian diteruskan ke DPP Gerindra sebagai pemegang wewenang yang memutuskan satu nama.

“Iya benar. Nama nama itu yang saat ini sementara disebut-sebut bakal diajukan internal Partai Gerindra sebagai bakal calon wakil bupati Kolaka Timur dari Partai Gerindra. Siapapun yang diputuskan DPP, itulah keputusan terbaik yang wajib diikuti,” jelasnya, Selasa (7/9/2021).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Kata Safarullah, salah satu alasan mengusung kader internal karena telah teruji loyalitasnya kepada partai dan memiliki pengalaman politik mumpuni.

Baca:   Survei Pilkada Konsel, Parameter Publik Indonesia: Endang Pesaing Surunuddin

Penentuan cawabup Koltim merupakan bagian dari proses politik karenanya tidak menutup kemungkinan cawabup yang diusung juga berasal dari eksternal Gerindra.

“Jika cawabup dari luar, salah satu kriterianya harus sejalan dengan Bupati Andi Merya Nur,” jelasnya.

Untuk diketahui partai politik bakal merekomendasikan nama calon wakil bupati Koltim sesuai dengan partai pengusung dan pendukung pasangan calon Pilkada Koltim 2020 lalu adalah Partai Gerindra, PAN, Demokrat, dan PDIP. Nama calon yang diputuskan oleh DPP, kemudian dikembalikan ke DPRD Koltim untuk selanjutnya dilaksanakan Sidang Paripurna dengan agenda pemilihan wakil bupati Koltim sisa masa bakti 2021–2026. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan