GKP Peduli Lingkungan, Bersihkan Desa Lingkar Tambang

  • Bagikan
Karyawan PT GKP bersama masyarakat Desa Sukarela Juara membersihkan lingkungan desa, Jumat (10 Februari 2023). Foto: IST.
Karyawan PT GKP bersama masyarakat Desa Sukarela Juara membersihkan lingkungan desa, Jumat (10 Februari 2023). Foto: IST.

SULTRAKINI.COM: PT Gema Kreasi Perdana (GKP) melaksanakan  kegiatan bersih-bersih desa bersama masyarakat di sekitar lokasi tambang, tepatnya di Desa Sukarela Juara, Kecamatan Wowonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepualauan, Jumat (10 Februari 2023).

“Sebagai bagian dari masyarakat Wawonii pada umumnya dan Kecamatan Wawonii Tenggara pada khususnya, kami memiliki kerinduan dan kecintaan yang sama dengan masyarakat, dimana pelestarian dan keindahan wilayah mesti terjaga apik. Kami akan meneruskan semangat ini ke desa-desa lainnya di kecamatan ini, bersama masyarakat,” ujar Cipto Rustianto, Manajer Eksternal PT GKP.

Kegiatan bersih desa merupakan upaya untuk menjaga lingkungan dari  berbagai sampah sehingga dapat menciptakan kehidupan yang sehat dan nyaman.

Selain melibatkan desa dan warga, kegiatan ini juga melibatkan volunteer yang berasal dari karyawan dari berbagai departemen perusahaan tersebut.

Pada kegiatan bersih desa kali ini, berlokasi di Desa Sukarela Juara, Kecamatan Wawonii Tenggara. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap pekan, secara bergantian di desa-desa lingkar tambang.

Basri Kambatu, Head of Site PT GKP yang juga ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih desa ini mengatakan, tradisional bersih-bersih setiap pekan ini, memang sudah diwajibkan kepada seluruh karyawan di perusahaan. Kini, kegiatan tersebut diperluas di masyarakat juga dengan melibatkan karyawan perusahaan.

“Biasanya, setiap  (hari) Jumat, kita melaksanakan yang namanya Jumlah atau Jumat bersih. Semua departemen bertanggungjawab terhadap kebersihan lokasi kerja mereka. Sekarang, kita bersama masyarakat, ingin bersama-sama melakukan kegiatan ini, sehingga lingkungan kita tetap bersih, terawat dan jauh dari sumber-sumber penyakit,” jelas Basri.

Samaga, Kepala Desa Sukarela Jaya mengapresiasi langkah yang dilakukan perusahaan dalam bersinergi dan ikut terlibat dalam kegiatan bersih desa ini.

Di desa, lanjut Samaga, program gotong royong bersih desa ini sebenarnya juga ada dan berjalan. Namun dengan keterlibatan perusahaan, akan semakin kuat dan meneguhkan bahwa masyarakat dan perusahaan memiliki sinergi yang baik dan tanggung jawab yang sama untuk membangun daerah dari berbagai aspek.

“Kami dari pihak desa tentu sangat berterima kasih atas program ini. Mari kita terus bersinergi untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi,” kata Samaga.

Kegiatan bersih desa ini, merupakan salah satu dari program Employee Voluntary Program (EVP), dimana karyawan, dari berbagai departemen menjadi volunter dalam berbagai kegiatan di masyarakat.

“Program EVP, memang dicetuskan dan digodok oleh departemen eksternal, khususnya CSR, tetapi dalam kegiatannya, melibatkan karyawan sebagai volunter. Selain program bersih desa, ada juga beberapa program lain dari EVP,” ungkap Cipi, sapaan akrab Cipto Rustianto.

Lebih dari itu, program yang dijalankan PT GKP, merupakan bagian dari komitmen perusahaan, untuk tumbuh bersama masyarakat dan bersama masyarakat pula, membangun Wawonii yang lebih baik dalam berbagai aspek.

Laporan: Shen Keanu (Press Release)

  • Bagikan
Exit mobile version