GP Ansor Sultra Latih Kadernya jadi Pendamping UMKM

  • Bagikan
Suasana pembukaan pelatihan pendampingan UMKM dan Rakorwil GP Ansor Sultra. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan pelatihan pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan Rapat Koodinasi Wilayah (Rakorwil) kerjasama dengan Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor dengan melibatkan kadernya tiap-tiap pimpinan cabang (PC), Rabu (24/11/2021). 

Ketua PW GP Ansor Sultra, Pendais Hak, mengatakan bahwa pelatihan pendampingan UMKM melibatkan sebanyak 17 Pimpinan Cabang (PC) Ansor se- Sultra dan Pengurus Wilayah.

Dalam pelatihan ini, kata Pendais, GP Ansor Sultra melibatkan pihak BNI dan PT Pos sebagai mitra dari GP Ansor hadir sebagai pemateri, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bisnis dan ekonomi.

“Selain itu juga, kami melibatkan
pemateri dari bidang ekonomi Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor,” ungkap Pendais, Rabu (24/11/2021).

Pria yang aktif sebagai dosen pengajar disalah satu Perguruan Tinggi terbesar di Sultra itu berharap, semoga dengan pelatihan itu para kader GP Ansor di Sultra bisa melahirkan kader-kader yang memiliki jiwa wirausaha di bidangnya masing-masing. Sehingga bisa menjadi penggerak ekonomi, dalam rangka pemulihan ekonomi ditengah pandemi saat ini.

“Silahkan sahabat-sahabat Ansor mengajukan permohonan pinjaman kepada mitra Ansor dalam hal ini BNI untuk membantu pendanaan usaha,” ujar Pendais.

Wasekjen PP GP Ansor Bidang Ekonomi, Addin Jauharudin mengungkapkan Sultra merupakan provinsi ke enam yang selenggarakan pelatihan pendampingan UMKM dan Rakorwil. Setelah dari Kendari akan dilanjutkan ke Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca:   DPRD Kendari Temukan Kenaikkan Harga

“InsyaAllah awal Desember tahun ini kegiatan pelatihan pendampingan UMKM diseluruh Indonesia akan selesai,” ucap Adin.

“Kita harus mampu menyampaikan virus-virus kebaikan untuk menjadi pelaku-pelaku ekonomi. Makanya kita kolaborasi BNI dan Ansor,” tambah mantan Ketua Umum PB PMII.

Ia mengaku, pihaknya sudah sering melakukan pelatihan UMKM. Untuk itu, perlu ada data-data usaha ekonomi yang dimiliki oleh seluruh kader Ansor dari Sabang sampai Merauke.

“Ansor Selatan ini kuat pada kaderisasi, kebangsaan dan keagamaan, tapi harus kuat dari kemandirian ekonomi. Makanya kita harus rebut, agar bisa mandiri secara ekonomi,” pungkas Komisaris PT Pos Indonesia itu.

Untuk diketahui, hadir dalam pembukaan pelatihan pendampingan UMKM dan Rakorwil GP Ansor Sultra antara lain, Kepala BNI Wilayah Sultra, PT Pos Kendari, Ketua PW NU Sultra, Ketua DPD KNPI Sultra Alvin Akawijaya Putra, Ketua PW Muslimat NU Sultra, Ketua Fatayat NU Sultra, Koorcab PMII Sultra.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan