Gratis, BPVP Kendari Buka Pendaftaran 10 Program Pelatihan untuk Masyarakat Sultra

  • Bagikan
Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari membuka pendaftaran program pelatihan berbasis kompetensi dam peningkatan produktivitas bagi masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara di awal 2023.

Pelatihan disiapkan BPVP Kota Kendari sebanyak sepuluh program, yaitu tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit, asisten pembuat pakaian (menjahit dasar), pelayanan pelanggan, juru gambar arsitektur, computer operator assistant, pengoperasian instalasi kontrol industri berbasis PLC, plate welder SMAW 3G (Las), sepeda motor injeksi, dan teknisi telepon seluler.

loker wartawan sultrakini

“Pendaftaran sepuluh program pelatihan ini dimulai 11 Januari-18 Januari,” jelas Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11 Januari 2023).

Setelah proses pendaftaran selesai, calon peserta akan mengikuti tes tertulis pada 19 Januari 2023, dilanjutkan tes wawancara pada 20 Januari bagi mereka yang dinyatakan lulus.

Sementara pengumuman kelulusan peserta pelatihan dilakukan pada 23 Januari mendatang. Khusus pendaftaran ulang dibuka pada 24 Januari 2023 sebelum peserta secara resmi mengikuti pelatihan pada 26 Januari mendatang.

“Jika tidak ada kendala, pembukaan pelatihan kita buka sesuai jadwal pada 26 Januari,” terang La Ode Haji Polondu.

Dia menambahkan, calon pendaftar dapat melakukan pendaftaran dengan dua alternatif, yaitu mandiri dengan mengunggah aplikasi “Siap Kerja” di playstore atau mengakses https://pelatihan.kemnaker.go.id. Sedangkan cara kedua dengan mendatangi Kios Siap Kerja BPVP Kendari untuk dibantu proses pendaftarannya secara langsung.

Baca:   Jelang Ramadan, PT WIN dan PT Pandu Salurkan Bantuan Ribuan Paket Sembako

“Syarat untuk bisa mendaftar cukup mudah, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga, ijazah, tidak sedang terikat kerja atau menempuh pendidikan formal dan telah berusia 18 tahun. Dua syarat ini akan dilampirkan ketika melakukan pendaftaran ulang,” tambahnya.

Mantan Kepala Bagian Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan RI ini menyampaikan, pelatihan yang diselenggarakan BPVP Kendari tidak dipungut biaya atau gratis, mulai dari proses pendaftaran hingga pelatihan Hal itu untuk memudahkan masyarakat dalam pemenuhan kompetensinya, sehingga memiliki daya saing tinggi yang berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan produktivitas serta pengurangan tingkat pengangguran di Provinsi Sultra.

“Malah ketika para calon peserta dinyatakan lulus, kami memberikan mereka pakaian seragam dua setel pakaian, satu pasang pakaian olahraga, alat tulis untuk mengikuti pelatihan, makan siang pada jam istirahat, serta sertifikat yang dikeluarkan BPVP Kendari dan BNSP jika lulus uji kompetensi, juga uang saku selama pelatihan berlangsung,” lanjut La Ode Haji Polondu.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan