GTRA Summit 2022, Apa Saja Agenda Presiden Jokowi Selama di Wakatobi?

  • Bagikan
Poster GTRA Summit 2022.

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit pada 8 Juni 2022 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Tim protokoler istana presiden datang ke Wakatobi melakukan survei dan mengecek kesiapan panitia penyelenggara GTRA Summit.

Dalam kunjungan kerja orang nomor satu Indonesia ini, panitia menyiapkan skenario penjemputan hingga rangkaian kegiatan.

Dalam penjemputan Presiden Jokowi di Bandara Matahora Wakatobi nanti, dipersiapkan penerimaan secara adat oleh para tokoh adat Wakatobi.

Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Wakatobi La Ode Ifi, menyampaikan direncanakan ketika membuka GTRA Summit di Marina Togo Mowondo, Kecamatan Wangi-wangi, Presiden akan menyaksikan langsung penandatanganan Perjanjian kerja sama telemedicine antara BPJS dengan Kementerian Kesehatan.

Telemedicine merupakan inovasi layanan digital BPJS Kesehatan.

Presiden juga rencananya menyaksikan penandatangan MoU Pogram “Kawasan Bebas Puntung Rokok” antara Union Paris dengan Aspesido sebagai wujud dukungan dalam pembangunan pariwisata Wakatobi sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas nasional dan pembangunan pariwisata berkelanjutan.

“Usai melakukan pembukaan GTRA, Presiden menyapa peserta parade 1.000 perahu oleh nelayan di anjungan floating jetty Marina Togo Mowondu,” jelasnya, Rabu (1 Juni 2022).

Presiden bersama rombongan juga diagendakan melanjutkan perjalanan menuju perkampungan Suku Bajo di Kecamatan Wangi-wangi Selatan untuk menyerahkan bantuan nelayan dan sertifikat secara door to door.

Presiden kemudian meresmikan pelabuhan dan pengopersian kapal Feri Rute Wangi-Wangi-Kaledupa-Tomia-Binongko.

Baca:   PM Jepang Puji Iklim Investasi Indonesia Usai Bertemu Jokowi

Selain itu, Jokowi direncanakan melepas 100 ekor tukik di Desa Longa, Kecamatan Wangi-wangi sebagai upaya mendukung konservasi sumber daya penting taman nasional laut Wakatobi.

Dari sekian banyak agenda tersebut, kata La Ode Ifi, acara pokok GTRA Summit hanyalah pembukaan GTRA Summit di Marina Togo Mowondu dan pembagian sertifikat secara door to door di Mola Raya.

“Ini jadwal baru usulan, belum paten, nanti 4 atau 5 Juni 2022 ada jadwal pastinya,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, GTRA Summit diagendakan pada 8-10 Juni 2022. Banyak pejabat negara akan hadir mendampingi Presiden Jokowi. (B)

(Baca: Intip Persiapan GTRA Summit 2022 di Wakatobi, Kabarnya Presiden Jokowi Ikut Hadir)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan