Gula Arentim, Produk Ekspor UMKM Koltim “Diburu” Pengunjung Pameran HUT Sultra ke-58

  • Bagikan
Gula Arentim. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Gula aren asal Kabupaten Kolaka Timur atau Arentim menjadi salah satu produk unggulan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang laris manis diserbu penunjung stan Pemerintah Kabupaten Koltim pada pameran HUT Provinsi Sulawesi Tenggara ke-58 di Kota Baubau.

Produk Arentim menjadi primadona pengunjung stan Pemda Koltim di pameran HUT Sultra, Kota Baubau. Memasuki hari ketiga kegiatan saja, penjaga stan menahan penjualan produk agar tidak kehabisan sampai penutupan pameran nanti.

Kepala Dinas Pangan Koltim, Idarwaty, menyampaikan gula Arentim bukan hanya produk idola masyarakat regional di wilayah Sultra dan daerah lain di Indonesia, melainkan menjadi komoditas ekspor sekitar setahun terakhir.

“Gula aren Kolaka Timur itu sudah ke Dubai. Mereka (UMKM) kerja sama dengan Malaysia dan sekarang merambah ke negara-negara lainnya,” jelasnya ditemui di lokasi pameran, Sabtu (28 Mei 2022).

Menyangkut bahan dasar produk gula Arentim, yakni hasil dari tanaman Enau yang tumbuh di semua kecamatan. Oleh pelaku UMKM, bahan dasar aren ini diolah menjadi gula cair dan gula bubuk yang dikemas secara praktis.

Menurut Idarwaty, banyaknya permintaan gula Arentim baik dalam maupun luar negeri membuat pihaknya sedikit kesulitan mensuplai bahan baku dari berbagai daerah di Koltim. “Sekarang malah kita mulai kewalahan bahan bakunya, sudah banyak permintaan,” sambungnya.

Baca:   DLHK Kendari Tambah Armada Sampah, Masyarakat Diharapkan Ikut Jaga Lingkungan

Dari segi pengemasan produk gula Arentim, tenang saja tetap mengedepankan unsur higienis serta berstandar pasar internasional. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan