H-7 Idul Fitri 2023: Arus Mudik Torobulu-Tampo Aman dan Lancar, Ini Prediksi Kepadatan Pemudik

  • Bagikan
Kapolsek Lainea, AKP Pradifta Dhanan Jaya Pangihutan melaksanakan pengawasan pengamanan arus mudik di Posko Torobulu. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Polsek Lainea di bawah komando Polres Konawe Selatan meningkatkan pengawasan di Posko Torobulu demi kelancaran arus mudik menuju Tampo.

Setidaknya 23 personil jajaran Polsek Lainea beserta dua orang dari Polres Konawe Selatan diturunkan untuk menjaga kondisi dan situasi kelancaran arus mudik yang menghubungkan dua kabupaten tersebut.

loker wartawan sultrakini

Pengamanan arus mudik di Posko Torobulu sesuai dengan surat perintah Polres Konawe Selatan. Para personel berjaga di titik-titik potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pos, loket penjualan tiket, pintu masuk pelabuhan, dan parkiran.

Diterangkan Kapolsek Lainea, AKP Pradifta Dhanan Jaya Pangihutan, hal-hal yang harus dan perlu diantisipasi dalam pengamanan dan pengawasan mudik adalah tindakan pencurian, silang pendapat, penganiayaan, maupun calo tiket.

“Hal-hal itulah yang perlu dan penting untuk diantisipasi dalam pengamanan ini agar tidak terjadi atau tidak ada. Sehingga proses jalannya mudik masyarakat tetap aman dan lancar sampai di tempat tujuan dengan selamat,” ucapnya.

Dalam laporannya H-7 Idul Fitri atau Minggu (16 April 2023), arus mudik di posko Pelabuhan Torobulu mulai terjadi kenaikan jumlah penumpang yang signifikan pada kendaraan bermotor maupun mobil.

“Biasanya mobil hanya beberapa, sekarang sampai 100-an mobil. Sedangkan pemudik lewat kendaraan motor naik tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelas Kapolsek Lainea.

Baca:   Rawan Banjir, Warga Desa Lamokula Simulasi Kesiapsiagaan Bencana

Bertambahnya jumlah kendaraan tersebut sempat viral di media sosial. Kondisi itu disebabkan jumlah armada ASDP yang beroperasi hanya dua unit, namun kapal tujuan Torobulu-Tampo telah ditambah hingga tiga unit, sehingga diprediksi tidak akan terjadi kepadatan penumpang.

“Kalau prediksi kita puncak arus mudik terjadi mulai 18,19, dan 20 April. Mudah-mudahan dengan beroperasinya tiga kapal ini bisa mengangkut arus mudik dan tidak terjadi kepadatan penumpang,” tambahnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan