Hadapi Lonjakan Pasien Covid, RS Bahteramas Tambah Unit Ventilator

  • Bagikan
Tampak depan RSUD Bahteramas, (Foto: Dok. SULTRAKINI.COM)
Tampak depan RSUD Bahteramas, (Foto: Dok. SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menghadapi lonjakan pasien Covid-19 yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra), RSUD Bahteramas akan menambah unit ventilator atau alat bantu pernapasan pasien.

Hal ini sudah dibahas dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi IV DPRD Sultra dengan Dinas Kesehatan Sultra, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sulawesi Tenggara (BPKAD Sultra), serta dari pihak RSUD Bahteramas perihal Insentif tenaga kesehatan (nakes) pada Selasa, (27/7/2021).

Sekretaris Komisi IV DPRD Sultra, Fajar Ishak mengimbau pihak rumah sakit segera mempercepat pengadaan ventilator bagi pasien Covid-19.

“Karena ini emergency (darurat), harus cepat pengadaannya,” ujarnya.

Atas hal tersebut, Direktur RSUD Bahteramas, Hasmudin mengungkapkan saat ini ketersediaan alat ventilator di RS Bahteramas berjumlah 82 buah dan kesemua alat tersebut lagi digunakan untuk membantu pasien. 

Lanjutnya, jadi sekarang pihaknya lagi mengusahakan untuk menambah jumlahnya.

“Sementara kita pesan empat buah ditambah dengan alat High Flow Nasal Cannula (HFNC) sebanyak 17 buah yang fungsinya hampir mirip dengan ventilator,” bebernya.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Menurutnya, apabila kesemua alat yang dipesan itu telah tiba maka diharapkan dapat membantu lebih banyak pasien lagi.

Sementara itu untuk kapasitas ketersediaan ruangan bagi pasien Covid di RS Bahteramas saat ini mencapai 90 persen atau hampir penuh. Untuk hal itu pihaknya mengaku belum terlalu khawatir tetapi ia juga telah bersiap dengan mengambil ‘ancang-ancang’ mengatasi hal itu pihaknya telah menambah jumlah tempat tidur bagi pasien.

Baca:   Dua Mahasiswa UHO Babak Belur Dilarikan ke RSUD Bahteramas

“Kita maksimalkan ruangan isolasi itu, ditata dengan ekstra bed (tambahan tempat tidur). Idealnya satu kamar itu 2 orang tetapi kalau pasiennya satu keluarga maka di maksimalkan lagi dengan menambah 4 tempat tidur dalam satu ruangan,” jelasnya.

Sambungnya, untuk pasien yang telah dirawat 10 hari dan dinyatakan membaik itu diperbolehkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Sehingga itu dapat mengurangi kapasitas ruang terisi di rumah sakit,” tutupnya.

Dilansir dari laman Instagram Satgas Covid-19 Sultra sebaran kasus positif Covid-19 di Sultra per hari Minggu (25/7/2021) adalah 311 orang dengan rincian sebagai berikut; Kendari 69 orang, Kolaka 14 orang, Konawe 94 orang, Muna 21 Orang, Bombana 10 orang, Wakatobi 2 orang, Kolaka Utara 7 orang, Kolaka Timur 18 orang, Muna Barat 2 orang, Baubau 65 orang, Buton Selatan 4 orang, dan Buton Tengah 5 orang. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin


  • Bagikan