Hamiruddin Terpilih Sebagai Ketua KONI Wakatobi Secara Aklamasi

  • Bagikan
Musorkap di Kabupaten Wakatobi, Sultra. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Hamiruddin terpilih secara aklamasi pada musyawarah olahraga kabupaten sebagai Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara masa bakti 2021-2025. Musorkap ini berlangsung di Wangi-wangi, Minggu (2/5/2021).

Ketua panitia musyawarah olahraga kabupaten, Rahman, mengatakan musyawarah tersebut dihadiri oleh pengurus 36 cabor pemilik suara. Namun berdasarkan instruksi dari KONI provinsi, yang bisa memberikan suara adalah pengurus cabor yang masih aktif, untuk itu dilakukan verifikasi sehingga hanya 23 cabor saja memberikan suara.

Sementara musyawarah digelar berdasarkan Surat Keputusan KONI Provinsi Sultra Nomor: 070 Tahun 2021 yang salah satu poinnya memerintahkan agar segera dilakukan Musorkap selambat-lambatnya Juni 2021.

“Jadi pelaksanaan musyawarah ini sudah sesuai aturan,” ucapnya.

Hamiruddin mengapresiasi kepada peserta yang memberikan amanah dirinya sebagai ketua untuk menjaga marwah olahraga di Kabupaten Wakatobi ke depan. Dirinya juga mengajak para pengurus untuk berbenah demi kemajuan olahraga di Wakatobi.

“Saya berharap semua yang hadir di tempat ini ikut bertanggung jawab memajukan olahraga di Wakatobi, baik secara aktif ikut terlibat dalam kepengurusan KONI nantinya, maupun melalui cabang olahraga masing–masing,” ujar Hamiruddin.

Mencermati dinamika internal dan tantangan eksternal KONI Kabupaten Wakatobi, kata dia, setidaknya ada tiga hal perlu dibenahi dari KONI Wakatobi, yakni manajemen organisasi yang professional, tata kelola anggaran yang transparan dan akuntabel, serta pola hubungan antara KONI dan cabor secara terbuka dan saling melengkapi.

Baca:   Seteru Afkab dan Askab Korbankan Tim Futsal Wakatobi

“Ketiga hal tersebut bukanlah hal yang sulit direalisasikan manakala kita semua memiliki semangat yang sama menjadikan KONI sebagai wadah perjuangan bersama dalam pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Wakatobi. Secara eksternal tentu kita dihadapkan pada agenda persaingan tingkat regional,” tambahnya.

Salah satu tantangan itu adalah bisa berprestasi di Pekan Olahraga Provinsi Sultra mendatang. Ia meminta dalam sekitar satu tahun ke depan masing–masing cabor mempersiapkan diri melalui kegiatan prakompetisi menuju Porprov Sultra 2022.

“Kita tidak bisa menutupi fakta bahwa di balik medali diraih oleh atlet kita di beberapa cabang olahraga saat Pekan Olahraga Provinsi Sultra, ada cerita miris tentang keterbatasan sarana dan prasarana, ditambah rasa minder atlet kita ketika berhadapan dengan atlet daerah lain lantaran fasilitas yang belum sepenuhnya sepadan. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita semua,” jelasnya.

Musorkap KONI itu juga dihadiri oleh pengurus KONI Provinsi Sultra, yaitu Waketum I, Ashar dan Waketum II, Muh. Amir.

Ketua KONI Kabupaten Waaktobi sebelumnya dijabat oleh Arhawi yang merupakan Bupati Wakatobi. (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan