Harga Ikan di Kendari Naik, Daging Ayam Malah Turun

  • Bagikan
Jenis Ikan Cakang dan Lajang di Pasar Mall Mandonga (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM) 
Jenis Ikan Cakang dan Lajang di Pasar Mall Mandonga (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sejumlah masyarakat mengeluhkan harga ikan yang tinggi di pasaran Kota Kendari. Kenaikan harga ikan rata-rata mencapai Rp20 ribu per kilogram (kg). Naiknya harga ikan, diindikasi karena curah hujan yang tinggi.

Mba Anas, warga Kota Kendari mengatakan bahwa hampir semua jenis ikan mengalami kenaikan harga. Terutama, untuk jenis ikan seperti lajang, cakalang, lure, udang, maupun ikan bholu dan ikan jenis lainnya.

“Mungkin ini karena cuaca buruk jadi harga ikan semua naik. Biasanya ikan lajang hanya Rp30 ribu per kg sekarang harganya jadi Rp45 ribu, ini sangat mahal apalagi dalam masa PPKM seperti ini ekonomi juga susah,” ujar Anas, Rabu (25 Agustus 2021).

Sementara itu, penjual ikan di Pasar Basa Mall Mandong, Harudin, mengatakan untuk harga ikan pekan ini mengalami kenaikan, disebebkan kurangnya pasokan ikan dari pelelang Kota Kendari.

Ia menyebutkan harga ikan cakalang perkilo Rp40 ribu sebelumnya hanya Rp25 ribu sedangkan ikan lajang mulai penjualan di harga Rp40 ribu sampai Rp45 ribu perkilo.

“Kenaikan harga ikan saat ini Rp10 ribu sampai Rp20 ribu, dulu sekitar empat bulan lalu harga ikan itu seperti lajang dan cakalang Rp25 ribu perkilo setelah itu naik harga lagi sampai saat ini karena kurang ikan dan angin kencang,” jelas Harudin, saat ditemui dilapaknya.

Senada dengan Harudin, penjual ikan di Pasar Basah Mall Mandonga, Aji Arib, juga katakan bahwa harga ikan Bholu perkilo Rp45 ribu biasa dijualkan Rp35 ribu perkilo jadi ada kenaikan harga jual hingga Rp10 ribuan perkilonya.

Baca:   Penyandang Disabilitas Boleh Didampingi Saat Mencoblos

“Ikan saya ambil dari Lelang dan Tinanggea, selain ikan harga udang juga saat ini naik Rp5 ribu perkilo, dari harga Rp75 ribu jadi Rp80 ribu perkilo, kenaikan harga disebebkan juga jumlah tangkap ikan nelayan sangat kurang dari biasanya dan kami juga mengambil ikan mahal disana,” terang Aji Arib.

Sedangkan harga daging ayam dan sapi saat ini masih sangat normal. Bahkan dalam suasana PPKM di Kota Kendari harga ayam di pasaran menurun.

Sesuai pantauan SultraKini.com, di Pasar Korem dan Pasar Basa Mall Mandonga Kendari, harga ayam per ekor dengan berat 2 kg masing-masing Rp55 ribu turun Rp5 ribu dari harga sebelumnya Rp60 ribuan.

“Saat ini normal harga daging, perkilo daging sapi Rp130 ribu dan tulang Rp75 ribu perkilo, biasanya naik harga daging oada saat suasana lebaran saja, dan kondisi saat ini juga stok sapi banyak kami ambil daging sapi dari Rumah Potong Hewan Kota Kendari,” jelas Asis. (B)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan