Harga Minyak Nilam Turun Drastis di Kolaka Utara

  • Bagikan
Penyulingan nilam oleh warga Kolaka Utara yang dilakukan secara sederhana. Foto:Alfina Rosba for SultraKini.com

SULTRAKINI.COM: Harga minyak nilam di Kolaka Utara, sejak Mei 2017 sampai saat ini mengalami penurunan harga hingga 50 persen, dari harga jual rata-rata antara Rp500 ribu hingga Rp900 ribu per kilogram.

Menurut Daeng Baso, seorang pengrajin minyak nilam dari Desa Gunung Kajang, Kolaka Utara, mengatakan harga jual minyak nilam biasanya dijual pada kisaran harga Rp. 750.000 namun sekarang menurun menjadi Rp.350.000. 

Tidak sedikit warga yang mengeluh akibat turunnya harga minyak nilam di wilayah ujung utara Provinsi Sulawesi Tenggara ini.   

Budidaya nilam digeluti  hampir seluruh masyarakat Gunung Kajang karena nilai ekonomi dari produksi tanaman tersebut cukup menjanjikan kesejahteraan.  

Pohon nilam banyak ditanam di  Gunung Kajang Desa Lalombundi Kecamatan Pakue Kabupaten Kolaka Utara. Daerah ini merupakan salah satu  sentra pengembangan nilam di Sulawesi Tenggara.

Di perkirakan sejak tahun 2010 nilam mulai dikenal dan menjadi mata pencaharian pokok masyarakat.

Minyak nilam diperoleh dari cara penyulingan daun nilam yang berupa pachoully alcohol 45-50%. Penyulingan daun nilam dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu direbus, dikukus dan penyulingan dengan uap.

Citizen Journalism: Alfina Rosba (Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar)   Editor: M Djufri Rachim

Baca:   Hari Tani Nasional, Petani di SLI Mulai Bersahabat dengan Cuaca dan Iklim

 

  • Bagikan