Hari Ini AKD Butur Dikocok Ulang

  • Bagikan
Ketua DPRD Butur Muh. Rukman Basri Zakariah. (Foto: Harto Nuari/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kabupaten Buton Utara (Butur) dijadwalkan kocok ulang, Selasa (18/4/2017). Batas akhir penyerahan nama dari fraksi pun dibatasi hari ini.

Ketua DPRD Butur, Muh. Rukman Basri Zakariah mengungkapkan, sampai hari Senin (17/4/2017), belum ada satu pun fraksi yang menyerahkan daftar nama anggotanya untuk penempatan alat kelengkapan. “Kemungkinan masih digodok oleh fraksi,” kata legislator PAN ini saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/4/2017).

Bagaimana dengan Fraksi Amanat Rakyat? Rukman mengaku sudah siap.  Namun komposisinya masih dirahasiakan. “Belum bisa kita sebutkan. Masih rahasia,” katanya.

Informasi yang dirangkum media ini, sangat memungkinkan terjadi pergeseran komposisi alat kelengkapan, baik itu komisi, Badan Legislasi (Baleg) maupun Badan Kehormatan (BK). Termasuk ketua Fraksi Amanat Rakyat akan berganti dari Al Munatsir ke Muh. Istighfar.

Sementara calon ketua Fraksi Amanat Rakyat, Istighfar menegaskan, khusus untuk anggota DPRD PAN, tidak boleh melakukan gerakan tambahan, harus ikuti garis komando partai.

Sekedar diketahui, Fraksi Amanat Rakyat yang terbesar kursinya di DPRD Butur sebanyak 12 kursi. Disusul Fraksi Indonesia Bersatu 5 kursi dan Fraksi Kebangkitan Demokrat 3 kursi.

Dengan jumlah kursi sebanyak itu, Fraksi Amanat Rakyat mendapat jatah pimpinan tiga alat kelengkapan dewan,  yakni komisi I,  komisi III dan Baleg. Sedangkan Fraksi Indonesia Bersatu mengisi komisi II. Sementara BK dipercayakan ke Fraksi Kebangkitan Demokrat.

Baca:   Ini Lima Calon Ketua DPRD Buton

Laporan: Harto Nuari

  • Bagikan