Hari Perempuan Sedunia, Sekda Sultra: Pengingat Untuk Memperbaiki Kualitas Diri

  • Bagikan
Sekda Sultra, Nur Endang Abbas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tanggal 8 Maret ditetapkan sebagai momentum peringatan International Woman’s Day atau Hari Perempuan Sedunia. Di momen ini Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas memaknainya sebagai pengingat untuk memperbaiki kualitas diri perempuan. 

Dikatakannya, saat ini negara bahkan dunia memberikan ruang seluas-luasnya bagi perempuan untuk berkiprah di ruang publik ataupun bidang lainnya. Untuk di peringatan ini dia menganjurkan untuk di isi dengan berbagai macam aktifitas yang bermanfaat. 

“Momentum ini, kita sebagai perempuan harus mengisinya dengan baik, dengan mempersiapkan diri khususnya sumber daya perempuan agar bisa berjalan sejajar dengan lelaki,” ujarnya, Selasa (8 Maret 2022). 

Dengan kondisi diri yang siap kata dia, maka diharapkan perempuan bisa turut andil membangun bangsa khususnya agar semua masyarakat Sultra menjadi sejahtera dan damai. 

Selain itu, menurut Endang perempuan di Sultra memiliki keunikan sehingga tidak kalah dengan provinsi lain. 

“Ini adalah daya ungkit untuk bisa berprestasi lagi, berinovasi lagi, belajar terus dan kuncinya harus menambah terus wawasan. Dan perempuan juga harus bangga menjadi ibu bagi anak-anak dan menjalankan kodrat sebagai seorang istri,” tandasnya. 

Melansir dari Wikipedia, Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika. Demonstrasi yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd yang dilakukan pada 8 Maret 1917 memicu terjadinya Revolusi Rusia.  

Baca:   Hari Perempuan Sedunia, Aliansi Masyarakat Sipil Sultra Suarakan 8 Tuntutan

Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917. Kemudian pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia. (C)

Laporan: Al Iksan 
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan