Hari Pertama, Gateball Lombakan Tiga Kategori

  • Bagikan
Atlet gateball saat bertanding pada kejuaraan Porprov XIII di Lapangan Lalomba'a. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Atlet gateball saat bertanding pada kejuaraan Porprov XIII di Lapangan Lalomba'a. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Cabang olahraga gateball melombakkan tiga kategori untuk hari pertama dalam pertandingan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIII. Tiga yang dimaksud adalah beregu campuran masing-masing lima orang, tiple campuran, dan ganda putra.

Sekum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Sulawesi Tenggara, Kasim Sarewo, menuturkan pertandingan hari pertama pihaknya melaksanakan babak penyisihan untuk tiga nomor pertandingan. Dimana setiap nomor itu terdiri dari dua pool dengan tiga kabupaten dalam satu pool.

“Pool A nomor beregu campuran terdiri dari Muna, Konut (Konawe Utara), dan Konkep (Konawe Kepulauan). Pool B, meliputi Konawe, Kolaka, dan Kendari. Pool A tiple campuran terdiri dari Kendari, Muna, dan Kolaka dan pool meliputi Konkep Konut, dan Konawe. Kemudian pool A ganda putra, meliputi Kendari Muna, dan Konut dan pool B Kolaka Konawe dan Konkep,” jelas Kasim, Jumat (7/12/2018).

Dia berharap, peserta dalam pertandingan gateball tersebut menjunjung tinggi sportivitas. Artinya, pihaknya ingin meninggalkan kesan yang positif bagi masyarakat. Apalagi olahraga tersebut masih dalam proses sosialisasi sebagai salah satu olahraga prestasi.

“Kita berharap dalam Porprov XIII ini bisa melahirkan atlet berbakat hingga di kancanasional. Apalagi gateball sudah dilombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2029,” terangnya.

Sebanyak tujuh emas, tujuh perak, dan 14 perunggu atau total 28 medali akan diperebutkan para atlet di Porprov XIII.

Baca:   Bonus Atlet Kendari Diusul Rp 20 Juta

Cabor gateball dalam Porprov diikuti enam kabupaten dan kota, di antaranya Kota Kendari, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Kolaka, dan Kabupaten Muna Barat.

Tidak ada batasan usia bagi atlet untuk terllibat di cabor tersebut.

(Baca: Tak Ada Batasan Usia, Gateball Pertemukan Enam Kontingen di Porprov)

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan