Hari Santri Nasional: Kakanwil Kemenag Sultra Harap Santri Turut Dalami Ilmu Sains

  • Bagikan
Kakanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Kakanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Zainal Mustamin mengharapkan agar santri tidak fokus saja pada ilmu agama tetapi juga harus bisa dipadukan dengan ilmu sains.

Pentingnya integrasi atau perpaduan antara ilmu pengetahuan itu karena paradigma santri dulu seolah-olah hanya belajar ilmu agama, sehingga kedepan kata dia akan mengarah kepada kemandirian pesantren, utamanya dalam integrasi ilmu pengetahuan dan sains.

“Artinya program pesantren serta ilmu agama bakal dikolaborasikan dengan ilmu sains sehingga akan terbentuk kemandirian dan penguasaan ilmu pengetahuan,” terang Zainal usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang digelar di Ummusabri Kendari pada Jumat (22/10/2021).

Iapun mencontohkan beberapa ilmuan Islam terkenal yaitu Ibnu Rusyd, Ibnu Sina, Ibnu Khaldun yang merupakan penghafal Al Quran sekaligus ilmuwan, ada sosiolog, astronomi, aljabar. Mereka lahir dari ilmuwan yang mempelajari agama juga dibarengi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan sains.

“Ilmuan tersebut selain menjadi penghapal Al Quran juga bisa menguasai ilmu pengetahuan, sehingga dapat memberikan kontribusi bukan hanya ilmu akhirat melainkan ilmu dunia,” paparnya.

Kendati demikian, dalam peringatan hari santri nasional 2021 kali ini Zainal memandang ini sebagai awal yang baik untuk menatap masa depan serta, kedepannya santri bisa berkontribusi langsung terhadap pembangunan daerah. (C)

Baca:   Tes SKD CPNS Mubar Akan Digelar 14 Hingga 25 September, Peserta Wajib Kantongi Hasil PCR

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan