Herry Asiku Reses di Kecamatan Oheo Konut, Pupuk dan Jaringan Telkom Jadi Keluhan Warga

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Sultra, Herry Asiku (paling depan tengah) saat menyerap aspirasi warga di di Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, (Foto: Aripin Lapotende/SULTRAKINI.COM)
Wakil Ketua DPRD Sultra, Herry Asiku (paling depan tengah) saat menyerap aspirasi warga di di Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, (Foto: Aripin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Herry Asiku melakukan Reses masa sidang II tahun sidang 2020-2021 di Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, Rabu (02/05/2021).

Reses yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sultra dari Partai Golkar itu, dibuka langsung oleh Camat Oheo Guslin, dan dihadiri para Kepala Desa dan tokoh masyarakat Kecamatan Oheo, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Herry Asiku, dalam proses Resesnya membuka sesi tanya jawab sekaligus penampung aspirasi warga yang berada di wilayah itu. Salah satu yang menjadi pokok aspirasi warga di Kecamatan Oheo adalah ketersedian pupuk dan obat-obatan untuk para petani. Sebagian masyarakat juga mengusulkan pengadaan bibit Nilam dan Porang. Selain soal pertanian ketersedian jaringan Telkom juga menjadi keluhan mereka.

Salah Satu Tokoh Masyarakat Kecamatan Oheo, Sumiadin memberikan apresiasinya atas kunjungan langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Sultra di wilayah mereka, untuk menyerap langsung apa yang menjadi aspirasi mereka.

“Terimah Kasih Pak Herry Asiku atas kunjungannya, kami masyarakat Konawe Utara khususnya di Kecamatan Oheo mayoritas adalah petani, untuk saat ini ketersedian pupuk dan obat-obatan masih sangat terbatas, melalui kesempatan ini mewakili para petani ingin menyampaikan agar kiranya kami dapat dibantu ketersedian pupuk dan obat-obatan,” kata Sumiadin.

Baca:   Harga Pupuk Naik, Dinas TPHP Muna: itu Kebijakan Pusat

Selain pupuk dan obatan, lanjut mantan Camat Oheo itu, yang menjadi kendala khususnya di wilayahnya adalah belum memiliki jaringan Telkom, sehingga sangat terbatas untuk membuka media sosial terkait informasi-informasi yang dapat mengedukasi masyarakat Kecamatan Oheo khususnya cara bertani yang baik dan benar.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Sultra, Herry Asiku mengatakan, apa yang menjadi keluhan dan permintaan masyarakat di Kecamatan oheo, akan diteruskannya ke pihak pemerintah daerah.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Dengan kehadiran saya disini, tentunya ingin mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat untuk kami sampaikan ke pemerintah, selain itu hasil dari aspirasi mereka bisa kami buat proyek kecil-kecilan yang bisa bernilai ekonomi, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini,” ucap Herry Asiku.

Di Kecamatan Oheo, kata Herry Asiku potensi pertanian sangat bagus, misalnya seperti yang menjadi usulan bibit Nilam dan Porang. Menurutnya, meski bibit porang ini bisa didapatkan di hutan, jika ada yang mengarahkan cara budi daya tanaman porang yang benar, ini sangat berpotensi nilai ekonomisnya juga ada.

“Saya sangat berharap masyarakat di Konawe Utara khususnya di Kecamatan Oheo, agar dapat memanfaatkan potensi alam yang berada di wilayah ini, dengan pengelolaan yang baik dan benar, sehingga hasilnya bernilai ekonomis agar dapat membantu kelangsungan hidup mereka,” urainya.

Baca:   Anda Petani, Sudah Waktunya Beralih Ke Pupuk Organik

Usulan para warga dan para kepala desa tersebut langsung di terima oleh staf H. Hery Asiku dalam bentuk proposal, misalnya Kepala Desa Sambandete Idrus mengusulkan bibit Nilam dan percetakan sawa, Lurah Linomoiyo mengusulkan pembangunan masjid Kelurahan Linomoiyo. Kepala desa Landawe, Taswan mengeluhkan saluran irigasi di sawa, dan pemanfaatan bendungan. Sementara Kepala Desa Bandaeha, Kasran mengusulkan pengadaan bibit Porang dan Nilam.

Setelah Reses di Kecamatan Oheo, Herry Asiku kemudian melanjutkan momen Resesnya di Kecamatan Andowia dan Asera. (B)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan