HMPS Ilmu Politik UHO Kaji Wajah-wajah Baru dan Peluang Pemuda pada Pilgub 2024

  • Bagikan
Dialog kepemudaan oleh HMPS Ilmu Politik FISIP UHO. (Foto: Laode Ahmad Rusidha/SULTRAKINI.COM)
Dialog kepemudaan oleh HMPS Ilmu Politik FISIP UHO. (Foto: Laode Ahmad Rusidha/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebagai refleksi Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik (HMPS-IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar dialog kepemudaan di Aula Lakilaponto, Kamis (28 Oktober 2021).

Mengangkat tema Wajah-wajah baru pada Pemilu dan Pilkada di Sulawesi Tenggara Tahun 2024, hampir keseluruhan mahasiswa ilmu politik dan jurusan lain di FISIP turut aktif dan berpartisipasi dalam diskusi yang dibuka langsung oleh Dr. Muhammad Najib Husain S. Sos., M. Si sebagai Ketua Jurusan Program Studi Ilmu Politik, Fisip.

Muhammad Najib Husain mengatakan  potensi anak muda pada tahun 2024 sangat besar peluangnya dalam menentukan pilihan. Pasalnya, pada momentum tersebut akan muncul wajah-wajah baru dalam proses pemilihan dan juga memiliki visi-misi yang bernuansa inovasi baru.

“Posisi anak muda atau mahasiswa sekarang merupakan posisi yang strategis dalam hal mengajak para pemilih-pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam pemilihan tahun 2024. Karena para pemuda sekarang mempunyai rekam jejak yang bersih dan memiliki keinginan untuk melakukan perubahan,” jelasnya.

Pengamat Politik Sultra ini juga menaruh harapan agar para pemuda lebih kokoh yang memiliki nilai persatuan dan membangun semangat serta mendorong anak muda untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Baca:   Alumni Keperawatan, BP2MI Buka Peluang Kerja di Jerman Gaji Awal 25 Juta

Ketua Panitia Dialog, Nur Aisyah  mengatakan tujuan utama dialog tidak lain untuk membangkitkan semangat pemuda khususnya di Kota Kendari ini untuk menjadi agen perubahan dan sosial kontrol.

“Ingin memberitahukan bahwa pemuda sekarang ini bisa menjadi perubahan atau agen untuk suatu daerah yang intinya  dari kegiatan ini mampu membangkitkan semangat para pemuda untuk membangun wilayah Kota kendari,” ucapnya.

Kegiatan dialog kepemudaan juga di hadiri oleh anggota DPRD Sultra, Abdul Salam Sahadia S. Sos, Anggota DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala S. Ars, Ketua DPD AMPI Sultra, H. M Radhan Algindo Nur Alam, Mantan Ketua KNPI Sultra Periode 2012-2016, Hidayatullah S. H, yang ikut berpartisipasi memberikan inovasi dan motivasi terhadap mahasiswa dan mahasiswi menjelang Pemilu dan Pilkada Sulawesi Tenggara Tahun 2014.

Laporan: Laode Ahmad Rusidha
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan