Hugua Terpilih, Produksi Pertanian Sultra Bisa Meningkat 7 Ton per Hektar

  • Bagikan
Hugau bersama warga di pasar. (Foto: ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Ir. Hugua, mengusung visi Sultra Emas 2023 dalam kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023. Yakni terwujudnya Provinsi Sulawesi Tenggara yang lebih Etis, Maju, Adil dan Sejahtera tahun 2023.

Salah satu misinya, adalah meningkatkan nilai tambah produk pertanian dalam arti luas serta sumber daya alam Sulawesi Tenggara. Paslon nomor urut 2 ini akan lebih konsen terhadap peningkatan sektor pertanian, dengan cara akan memberikan bantuan pupuk secara gratis kepada petani.

Bantuan pupuk gratis ini diyakini dapat meningkatkan produksi pertanian masyarakat. Petani padi misalnya, dari rata-rata hanya 4-5 ton gabah per hektar, bisa meningkat sampai 7 ton per hektar. Data Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, 2017 lalu produksi padi mencapai 700 ton gabah kering giling, naik tak samapi 1 persen dari 2016. Dengan luas lahan tanam 135 ribu hektar yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota.

“Kami akan bantu petani secara cuma-cuma pupuk. Ini dimaksudkan, agar produksi petani kita meningkat. Misalnya, petani sawah yang tadinya hanya mampu memproduksi gabah 4 ton per hektar, kita naikkan menjadi 7 ton, dengan cara perlakuan pemupukan,” jelas Hugua yang pernah menjadi konsultan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) di wilayah Sultra.

Program JICA, saat masih dikelola Hugua, pernah berjaya di Sultra untuk sektor pertanian. Program ini diberikan negara Jepang kepada negara-negara berkembang, antara tahun 1980 sampai tahun 2000an. Hugua masuk ke dalam jaringan JICA ketika itu, berkat kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Baca:   Ini Jawban Bawaslu Copot Baliho Pospera di Baubau

Selain produksi gabah bagi petani padi, peningkatan produksi juga diharapkan berlaku pada produk pertanian lainnya. Pemanfaatan teknologi juga akan dimaksimalkan agar petani tak hanya berharap dari produksi alami. Selain itu, pembukaan pasar bagi setiap produk hasil pertanian masyarakat Sultra juga akan dilakukan, baik domestik maupun ekspor.

“Program Sultra Emas adalah program yang menyentuh langsung masyarakat Sultra. Program ini kami akan realisasikan bila pasangan Asrun dan Hugua terpilih dalam pemilihan gubernur 27 Juni mendatang,” kata Hugua.

Editor: Gugus Suryaman

  • Bagikan