HUT Kabupaten Bombana Ke-19, Beragam Pakaian Adat Moronene Dikenakan Saat Upacara

  • Bagikan
Tampak Pj Sekda Sultra Asrun Lio (kanan) dan Pj Bupati Bombana Burhanuddin saat upacara HUT Bombana. (Foto: M Fajri/SULTRAKINI.COM)
Tampak Pj Sekda Sultra Asrun Lio (kanan) dan Pj Bupati Bombana Burhanuddin saat upacara HUT Bombana. (Foto: M Fajri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Ucapara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bombana yang ke-19 tahun yang ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 29 tentang pembentukannya sebagai daerah otonom resmi digelar di Taman Gembira, Rumbia, Minggu (18 Desember 2022).

Upacara peringatan hari spesial se- tahun sekali Bombana itu dipimpin langsung oleh Pj Bupati H. Burhanuddin.

loker wartawan sultrakini

Ada yang menarik dalam perayaan HUT Bombana ke-19 ini, tampak mulai dari Sekda Sultra, Pj Bupati Bombana, pejabat setingkat eselon I dan II kepala OPD hingga para kepada desa mengenakan pakaian adat Moronene.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi tampak tidak hadir dalam seremonial itu, namun diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah, Asrun Lio. Orang nomor satu Sultra itu masih dalam kunjungan kerja ke Jerman dan Amerika Serikat.

“Pak Gubernur sedang kunjungan kerja yang sudah terjadwal dengan KBRI di Jerman dan Amerika Serikat, tidak bisa diwakilkan, sehingga mengamanatkan kepada kami. Ke Jerman itu dalam rangka lawatan kebudayaan dan menindaklanjuti hubungan kerja sama yang telah dibangun,” kata Asrun Lio.

Pj Bupati, Burhanuddin dalam sambutannya, mengarahkan agar senantiasa memelihara berkaloborasi untuk bergerak cepat yang dilandasi budaya dan nilai kearifan lokal sebagai warisan para leluhur dengan nilai kearifan lokal Measa Laro sebagai slogan kearifan masyarakat Bombana.

Baca:   Selama Uji Coba MPP Konawe Telah Menerbitkan 5.535 Jenis Layanan

Dia juga mengungkapkan bahwa dalam triwulan pertama sebagai Pj bupati Bombana sudah banyak hal dan capaian yang dikerjakan.

“Telah banyak hal dan capaian yang saya kerjakan dengan membawa slogan Bombana sebagai surga investasi, serta menata kota berdayakan desa adalah salah satu program prioritas pertama saya sebagai Pj Bupati Bombana,” ungkapnya.

Burhanuddin juga berterima kasih kepada jasa dan pengabdian para pendahulu bupati dan wakil bupati serta pejabat yang telah membangun daerah ini yang sudah berumur 19 tahun.

“Mewakili Pemkab Bombana saat ini, kami berterima kasih atas pengabdiannya semoga program pembagunan yang kita capai hingga hari ini memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sebagai rangkaian peringkat HUT ini, Pemkab Bombana mengadakan berbagai kegiatan seperti karnaval dan malam ramah tamah sebagai bentuk hiburan serta silaturahmi masyarakat setempat. (B)


Laporan: M Fajri
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan