IAIN Kendari Diminati Peserta SPAN-PTKIN

  • Bagikan
Ketua Panitia Lokal IAIN Kendari, Husain Insawan. (Foto: Muh Yusuf /SULTRAKINI.COM)
Ketua Panitia Lokal IAIN Kendari, Husain Insawan. (Foto: Muh Yusuf /SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Seleksi Prestasi Akademik Nasional Peguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) berakhir beberapa waktu lalu, jumlah peminat yang memilih kampus islam tersebut mencapai 1.912 orang. Bahkan calon mahasiswa yang memilih studi di IAIN Kendari tidak hanya dari Sultra, tetapi beberapa provinsi di Indonesia.

Ketua Panitia Lokal IAIN Kendari, Husain Insawan, mengatakan jumlah peminat yang mencapai 1.912 orang tersebut tersebar pada empat fakultas dan 19 program studi . Tiga prodi terbanyak adalah perbankan syariah berjumlah 599 orang, ekonomi syariah 478 orang, dan pendidikan agama islam (PAI) 454 orang.

“Perlu diketahui, sebanyak 1.912 orang ini akan memperebutkan 614 kursi mahasiswa baru yang disediakan IAIN Kendari,” terangnya, Jumat (22/3/2019).

Dia menerangkan, peminat SPAN PTKIN untuk menempuh studi di IAIN Kendari, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Utara.

“Selanjutnya, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Banten. Peminat asal Sulawesi Selatan yang terbanyak, yakni 577 orang,” jelasnya.

Pakar ekonomi islam ini menjelaskan, peminat dari Sultra sebanyak 1.145 orang. Tiga kabupaten/kota terbanyak adalah Konawe Selatan 261 orang, Kota Kendari 221 orang, dan Konawe 146 orang.

Baca:   Korban Bersuara, Putusan Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Dosen di IAIN Kendari Tunggu 30 Hari

“Semua kabupaten/kota di Sultra berminat untuk menempuh pendidikan di IAIN Kendari,” tambahnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan