Indonesian Chef Association Diharap Kembangkan Kuliner Sultra

  • Bagikan
Pengurus ICA BPD Sultra. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM).
Pengurus ICA BPD Sultra. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pengurus Indonesian Chef Association (ICA) BPD ANOA Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Periode 2019-2024 resmi dikukuhkan di Hotel Zahra Kendari, Rabu (27/2/2019).

Pengukuhan yang dilakukan oleh Vice President ICA Pusat, Chef Santo itu, berdasarkan Surat Keputasn Nomor: 001/SK/BPP/ICA/502/2019.

Ketua ICA BPD ANOA Sultra, Chef Warjo, menjelaskan ICA merupakan organisasi perkumpulan chef dan pecinta kuliner. Di Sultra ICA telah dirintis selama empat tahun.

“Keberadaan ICA di Sultra untuk mengembangkan kuliner khas daerah, sehingga mampu berdaya saing dengan berbagai daerah yang ada di Indonesia,” Chef Warjo.

Menurut Warjo, untuk pengembangan kuliner ini di Sultra, membutuhkan kerjasama dari berbagai instansi terutama Diinas Pariwisata, Dinas Kelautan, Badan Ketahanan Pangan dan stakeholder lainnya.

“Kerja sama sangat kami butuhkan untuk saling bertukar pikiran dalam membangun kuliner khas daerah,” ucap Warjo.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Syahruddin Nurdin, mengatakan kuliner Sultra sangat berpotensi untuk mendorong perekonomian masyarakat. Namun saat ini belum dikembangkan secara optimal.

“Kuliner kita masih kurang dalam bentuk penyajian, cita rasa maupun kemasan. Ini yang menjadi tantangan dan harus diperbaiki bersama agar dapat bersaing dengan kuliner di daerah lain,” ungkap Syahruddin.

Ia berharap, ICA Sultra mampu memberikan manfaat dalam mengembangkan kuliner dan dapat meningkatkan kapasitas SDM, sehingga mampu menghasilkan produk kuliner yang berdaya saing tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Baca:   Hari Pangan Sedunia di Kendari, Pemkot Imbau Kuliner Lokal Dominasi Menu Hotel dan Restoran

“Semoga ICA juga memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah dan menyerap tenaga kerja,” pungkasnya.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan