Ingin Beli Ponsel Flagship? 7 Hal Ini Wajib Diperhatikan

  • Bagikan
ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Secara umum ada tiga jenis ponsel yang dipasarkan ke masyarakat. Pertama adalah ponsel low-end atau harga dan spesifikasinya paling rendah serta mid-end yang fiturnya cukup mumpuni. Terakhir adalah high-end atau sering disebut flagship. Ponsel ini punya fitur lengkap meski dibanderol cukup mahal.

Jika Anda ingin membeli ponsel flagship, seperti Samsung S20, ada baiknya untuk tidak sembrono dalam memilih. Sesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu dan pastikan beberapa komponen penting berikut ini ada di dalamnya.

  1. Merek dari Ponsel

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan saat akan membeli ponsel flagship adalah merek dari ponsel itu sendiri. Brand memegang peranan penting untuk memberikan kualitas dari gadget yang mereka pasarkan.

Dari sini terlihat dengan jelas jika brand atau merek sangat mempengaruhi psikologi dari pembeli. Selain itu merek yang menjadi personal preference, juga akan dipilih lebih dulu. Apapun jenis merek yang nantinya akan dibeli, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja fitur secara umum dari ponsel flagship. Apabila sesuai dengan keinginan, bisa dipertimbangkan untuk dibeli. Sebaliknya, jika tidak sesuai dengan keinginan, lebih baik memilih yang lain.

  1. Chipset yang Dipakai

Jeroan dari ponsel flagship adalah komponen penting yang harus dipahami oleh semua orang. Salah satunya adalah mengetahui apa jenis prosesor yang digunakan. Setiap ponsel memiliki prosesor berbeda-beda. Ada kalanya ponsel kategori flagship justru dibekali dengan chipset standar.

Baca:   Komunitas Pers Desak Pemerintah Segera Revisi UU ITE 

Tugas dari Anda sebelum membeli adalah mendaftar apa saja jenis prosesor yang dipakai. Pastikan untuk membeli ponsel dengan prosesor paling baru dan juga ngebut. Hal ini dilakukan agar kinerja dari ponsel bisa berjalan dengan maksimal.

Selain itu, pertimbangkan kartu grafis yang digunakan. Apabila kartu grafisnya bagus, display pada layar akan semakin maksimal. Kombinasi komponen pada chipset akan membuat fungsi dari ponsel sesuai dengan label flagship dan harganya.

Jangan termakan “harga mahal pasti bagus”. Anda harus benar-benar memastikan perangkat keras dari ponsel terlebih dahulu.

  1. Ukuran dari RAM

Saat ini kapasitas dari RAM ponsel kelas atas berada dikisaran 6-8 GB. Apabila Anda ingin membeli ponsel, disarankan memilih kapasitas RAM yang paling besar, yaitu 8 GB. Berkapasitas RAM besar, maka kinerja dari ponsel khususnya saat menjalankan aplikasi bisa maksimal.

RAM besar akan membuat Anda mudah menjalankan berbagai jenis aplikasi berat, salah satunya adalah game. Apalagi sebagian besar game kekinian memiliki ukuran data 2-8 GB. Apabila dijalankan dengan RAM kecil, visual bisa patah-patah atau tidak bisa dimainkan sama sekali.

Selain itu untuk melakukan aktivitas berat lain, seperti menyunting video juga dibutuhkan RAM besar. Itulah kenapa jika ingin membeli ponsel flagship, memilih RAM paling tinggi adalah kewajiban.

Baca:   Langkah Pencegahan Penularan Covid-19 yang Mudah dan Murah, Terapkan 3M
  1. Memori Internal dan Slot Tambahan
ibu alimazi

Memori internal yang ditawarkan oleh ponsel high-end cukup bervariasi. Ada yang menawarkan 64 GB dan tidak sedikit yang memberikan memori hingga 128 GB. Jika Anda ingin membeli ponsel, sebaiknya memilih memori dengan kapasitas paling besar.

Selain itu, jika ada dedicated slot untuk memori eksternal akan lebih baik lagi. Terlebih slot tambahan ini bisa dipakai untuk menambah memori minimal 256 GB

  1. Jenis Layar yang Dipakai

Jenis layar yang dipakai pada ponsel flagship cukup beragam. Meski demikian, Anda disarankan untuk memilih layar ponsel yang menggunakan AMOLED. Layar jenis ini biasanya mampu menampilkan warna sesuai dengan aslinya.

Layar AMOLED juga terlihat sangat elegan dan tidak akan memiliki masalah saat digunakan di bawah terik matahari. Jadi, apabila sering melakukan kegiatan outdoor, layar ini tidak akan menurunkan produktivitas yang Anda miliki.

  1. Kualitas dari Kamera

Kamera memegang peranan penting pada ponsel flagship. Apalagi saat ini ponsel kelas atas banyak digunakan untuk melakukan pekerjaan. Misal dipakai untuk virtual meeting, fotografi, dan mengambil video.

Kualitas kamera yang baik akan memudahkan seseorang mengambil video bahkan hampir sama dengan kamera digital. Untuk pengambilan gambar, kualitasnya bisa menyamai kamera DSLR atau Mirrorless.

  1. Kapasitas Baterai dan Fast Charging

Baterai tidak bisa diabaikan begitu saja saat Anda membeli ponsel flagship. Kapasitas baterai yang besar akan memaksimalkan seluruh fungsi atau fitur modern yang diberikan. Percuma jika memiliki spesifikasi unggul jika baterainya mudah habis dan kapasitasnya rendah.

Baca:   Pasca Gempa Sulteng, Semburan Lumpur Api Muncul di Mamuju

Usahakan ponsel yang akan dibeli memiliki kapasitas baterai yang besar dan bisa dimaksimalkan. Artinya mesti digunakan untuk melakukan aktivitas yang cukup tinggi baterainya tetap awet. Selain itu, baterai harus mendukung fast charging baik itu menggunakan perangkat pengisian standar atau perangkat wireless.

  1. Bahan Premium pada Bodi

Bodi dari ponsel juga harus diperhatikan. Jika membeli ponsel dengan harga yang cukup tinggi biasanya bodi yang digunakan juga premium. Materialnya bisa terbuat dari logam ataupun kaca. Apabila materialnya masih menggunakan plastik, lebih baik dihindari.

Bodi yang terbuat dari material premium akan membuat ponsel terlihat lebih elegan. Jadi, saat memakainya Anda juga merasa nyaman karena handling produk ini juga sempurna di tangan.

Ponsel flagship biasanya dijual dengan harga cukup tinggi. Meski demikian, fitur yang didapatkan sangat sebanding dengan apa yang diterima. Jadi, jika Anda punya budget yang lebih, tidak ada salahnya untuk memilih ponsel flagship terbaik. Salah satunya adalah Samsung S20.

Ponsel ini bisa dibeli secara langsung melalui aplikasi atau website Blibli. Jadi, tidak perlu ke luar rumah karena ponsel flagship yang diinginkan akan langsung diantar sampai ke tangan Anda.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan