Ini Daftar Juara Lomba Penulisan Konten dan Foto Pariwisata Dispar Sultra 2021

  • Bagikan
Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Shaleh menyerahkan piagam penghargaan kepada Bansa Tuasikal, juara 2 dengan foto Menenun. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemenang lomba Penulisan Konten dan Foto Pariwisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Dispar Sultra) Tahun 2021 resmi diumumkan di malam penganugerahan di Kota Kendari pada Minggu (12 Desember 2021).

Hadiah, yang diberikan panitia kepada masing-masing pemenang lomba untuk dua kategori tersebut adalah uang senilai Rp 20 juta dan piagam penghargaan dengan rincian, kategori penulisan konten dan fotografi masing-masing juara 1 senilai Rp 5 juta, juara 2 senilai Rp 3 juta, dan juara 3 senilai Rp 2 juta.

Pada malam anugerah tersebut, turut dihadiri Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh. Dalam sambutannya, Ia mengatakan lomba ini guna menunjang sekaligus menaikkan kualitas pariwisata sebagai destinasi yang tidak hanya dipandang “sebelah mata” tapi harus dilihat secara komprehensif atau menyeluruh.

“Sudah banyak yang mengatakan destinasi wisata yang ada di 17 kabupaten dan kota di Sultra tidak kalah dengan destinasi ataupun potensi pariwisata provinsi lain di Indonesia. Namun, hal tersebut masih sebatas perbincangan saja, bahkan kita suka mengungkapkan yang belum pernah dikunjungi,” ucapnya.

Dalam mengatasi hal tersebut, kata dia, paling tidak ada keterwakilan imajinasi serta referensi terhadap suatu objek wisata. Salah satu yang bisa dijadikan rujukan adalah konten dan fotografi yang bisa mendeskripsikan keindahan suatu destinasi pariwisata. Berangkat dari hal itu, dibuat lomba penulisan konten dan fotografi yang diinisiasi oleh Dispar Sultra.

Baca:   Bawaslu Sultra: Temukan Kecurangan Pilgub Silahkan Tempuh Jalur Hukum

Sementara itu, ditambahkan Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispar Sultra, Syamsinar, total jumlah peserta dari kategori konten dan fotografi sebanyak 97 orang dan enam orang.

Proses seleksi sendiri dilakukan oleh dewan juri dari latar belakang yang sesuai bidangnya, yakni fotografer profesional Arif Oba dan wartawan profesional Sultra Andi Syahrir.

“Berdasarkan penilaian dewan juri, foto dan konten hasil karya peserta sudah bisa mewakili Dispar Sultra untuk promosi lebih lanjut terkait tempat wisata potensial di setiap daerah karena diharapkan karya yang diikutkan peserta dalam lomba ini dapat tersampaikan dan bisa tersebar secara luas di masyarakat,” jelas Syamsinar.

Foto bersama usai penyerahan hadiah kategori lomba konten pada malam penganugerahan lomba konten dan fotografi pariwisata di Kota Kendari. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

Karya pemenang lomba kategori foto pariwisata bahkan akan dipajang di setiap event atau kegiatan yang dilakukan oleh Dispar Sultra. Kemudian, untuk kategori penulisan konten hasil karyanya akan dijadikan tajuk dalam katalog produk unggulan ekonomi kreatif atau media promosi yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Sultra.

Berikut rincian pemenang lomba kategori konten pariwisata:

  1. Juara 1: L.M Syuhada Ridzkyi dengan judul konten Tembok Batu yang Menjembatani Masa Lalu.
  2. Juara 2: Kiki Putri Novel dengan judul konten Para Pembuat Gerabah yang Merawat Tradisi.
  3. Juara 3: Sumarlin dengan judul konten Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Kerajinan Nentu.
Baca:   Workshop Ekonomi Kreatif: Saatnya Milenial Baubau Berkontribusi di Sektor Pariwisata

Rincian pemenang lomba untuk kategori fotografi pariwisata:

  1. Juara 1: Amrin dengan foto Pertunjukkan Parade Perahu Nelayan.
  2. Juara 2: Bansa Tuasikal dengan foto Menenun.
  3. Juara 3: Rustam Awal dengan foto Gadis Siompu Buton Berpakaian Adat Buton.

Diketahui, lomba ini merupakan bagian dari rangkaian workshop ekonomi kreatif sub sektor media, penulisan konten dan fotografi pariwisata hasil kerja sama Dinas Pariwisata Sultra dengan Lulopedia, Sultrakini.com, dan Komika Publising di enam titik lokasi, yaitu Kota Kendari, Kabupaten Muna, Kota Baubau, Kabupaten Buton, Bombana, dan Kabupaten Kolaka. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan