Ini Ketua IJTI Sultra Periode 2023-2027

  • Bagikan
Ketua IJTI Sultra, Saharudin ketika diberikan bendera IJTI sebagai simbol terpilihnya sebagai ketua untuk periode 2023-2027. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Musyawarah Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Sulawesi Tenggara menghasilkan ketua baru untuk masa periode 2023-2027.

Dalam musda IJTI Sultra di Kota Kendari, jurnalis Antara TV Saharudin terpilih secara aklamasi menjadi Ketua IJTI Sultra periode 2023-2027.

Saharudin terpilih menggantikan Asdar Zuula sebagai Ketua Demisioner setelah dua periode menjabat posisi ketua.

“Saya berharap dengan terpilihnya dan dilantiknya pengurus baru ini, IJTI Sultra menjadi lebih baik dan seluruh wartawan bisa bersinergis untuk membesarkan organisasi tersebut,” ujar anggota IJTI Pusat, Wahyu Triyogo ketika melantik Saharudin dan anggotanya.

Wahyu berharap, Saharudin bisa membawa bendera IJTI Sultra berkibar dan independensi dalam menjalankan tugas-tugas peliputan tetap terjaga, serta semata-mata demi kepentinga publik.

Ketua IJTI Sultra, Saharudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota jurnalis TV yang menunjuk dan memberikan kepercayaan kepadanya menakhodai IJTI.

“Insya Allah pada kepengurusan kami ini, program-program yang belum terlaksana pada periode sebelumnya kita akan coba menjalankan, terutama advokasi ataupun pengembangan kapasitas jurnalis televisi di Sultra,” jelasnya.

IJTI Sultra mulai terbentuk di “Bumi Anoa” sejak 2017. Sebelumnya, masa jabata ketua dihitung selama tiga tahun. Asdar Zuula menjadi ketua pertama IJTI Sultra sejak pertama kali dibentuk, tepatnya pada 2017-2020.

Di periode kedua, dia masih dipercaya menakhodai IJTI Sultra periode 2020-2023.

Selanjutnya untuk kepengurusan baru, masa jabatan Ketua IJTI Sultra yang baru yakni Saharudin, bertambah se-tahun atau menjadi empat tahun masa jabatan.

Hingga sampai saat ini terdata ada 17 media TV terhimpun dalam IJTI Sultra, yakni I News TV, RCTI, MNC TV, GTV, SCTV, Indosiar, TV ONE, TVRI, ANTV, NET TV, TRANS TV, TRANS 7, ANTARA TV, RTV, SULTRA TV, KOMPAS TV, dan BTV.

Diketahui, dalam Musda III tersebut yang diikuti anggota IJTI Sultra menyatakan, Saharudin sebagai kandidat yang memenuhi syarat sehingga ditetapkan secara aklamasi menjadi Ketua IJTI Sultra.

Musyawarah para jurnalis televisi se-Sultra ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi dan dihadiri oleh Kabag Humas Polda Sultra, Kapolres Kendari, perwakilan Dewan Pers, IJTI Pusat, Ketua PWI Sultra, dan tamu undangan lain.

Sebelum pemilihan ketua, Musda III IJTI Sultra diawali dengan seminar bertemakan “Independensi Pers Dalam Pemilu 2024” dengan peserta terdiri dari jurnalis, mahasiswa, dan pemilih pemula atau pelajar SMA/SMK di Kota Kendari.

Hadir sebagai pemateri seminar, yaitu Asep Setiawan (Dewan Pers), Wahyu Triyogo (IJTI Pusat), Wahyuddin S (Akademisi Sultra), M Nato Alhaq (Komisioner KPU Sultra), Hamiruddin Uddu (Ketua Bawaslu Sultra), dan moderator Nisrina Hamid.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Id
o

  • Bagikan