Ini Lokasi Didatangi Presiden Jokowi Selama di Provinsi Sultra

  • Bagikan
Presiden RI, Joko Widodo berada di Kota Baubau. (Foto: Dok. sekretariat Presiden)

SULTRAKINI.COM: Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kembali bertandang ke Provinsi Sulawesi Tenggara. Sejumlah kabupaten dan kota menjadi tujuan kedatangannya sejak 26-27 September 2022.

Dilansir dari Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sultra menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI-AU pada Senin (26 September 2022) sekitar pukul 15.35 Wita dalam rangka rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara.

loker wartawan sultrakini

Hadir menyambut kehadiran Presiden, yaitu Gubernur Sultra Ali Mazi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto, serta Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb. A. Ferdinand Picaulima.

Kota Baubau

Presiden kemudian melanjutkan perjalanannya ke Bandar Udara Betoambari, Kota Baubau dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Bae-RJ85. Dalam perjalanannya ini sekitar 40 menit lamanya akhirnya Presiden tiba di Baubau atau pukul 16.28 Wita.

Di bandara, tampak Presiden Jokowi disambut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Danrem 143/Haluoleo Brigadir Jenderal TNI Yufti Senjaya, Danlanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari, dan Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo.

Kehadiran Jokowi di Kota Baubau merupakan perdana hingga disambut bahagia pemerintah dan warga setempat.

Bahkan, dalam perjalanan dari bandara menuju hotel tempat menginap, masyarakat Baubau sudah menunggu kedatangan Presiden sejak siang hari sambil berteriak memanggil Jokowi. Hal ini membuat Presiden memilih berjalan kaki sambil menyapa masyarakat.

Baca:   PHRI: Jokowi Serius Membangun Pariwisata

“Pak Jokowi… Pak Jokowi,” teriak warga.

“Saya menunggu kedatangan Bapak Presiden sejak pukul 12 siang,” ucap Kamil, warga Baubau.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Bandar Udara Betoambari, Kota Baubau, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur Sultra Ali Mazi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, serta Kapolda Sultra Irjen Pol. Teguh Pristiwanto.

Presiden RI, Joko Widodo berada di Kota Baubau. (Foto: Dok. sekretariat Presiden)

Sementara itu, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mengatakan rasa terima kasih akan kedatangan Presiden Jokowi. Dirinya berharap, bertandangnya Presiden ini membawa semangat baru bagi Kota Baubau untuk melakukan upaya perbaikan secara terus-menerus. Selain itu, motivasi bagi pemerintah dan masyarakat dalam mengisi pembangunan demi tercapainya kemajuan, kesejahtera, dan berbudaya.

“Ini merupakan sejarah baru bagi kita masyarakat Kota Baubau karena pertama kalinya Baubau dikunjungi oleh Presiden. Untuk itu saya berharap masyarakat memberikan sambutan baik dan penuh rasa hormat,” ucapnya, Senin (26 September 2022) dilansir dari laman Pemkot Baubau.

Kabarnya, Presiden Jokowi juga akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan.

Jadwal Presiden Jokowi pada 27 September 2022 rencananya mendatangi kawasan Eks Kesultanan Buton, kemudian memberikan penganugerahan gelar kehormatan adat Baubau.

Baca:   Pelantikan Kades di Kecamatan Oheo Konut Diguyur Hujan Deras

Selanjutnya masih di Selasa (27/9) pagi, Presiden menuju Pasar Wameo, Kota Baubau. Di sini rencananya Jokowi turut menyerahkan bantuan modal kerja kepada sejumlah pedagang kaki lima, termasuk membagikan bantuan langsung tunai kepada pedagang pasar.

Presiden juga dijadwalkan mendatangi Kantor Pos Baubau sekaligus ikut menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM), Bantuan Sosial Sembako, dan Bantuan Tunai Langsung
(BTL) kepada peserta Program Keluarga Harapan, serta menyerahkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada pekerja/buruh di Baubau.

Kabupaten Buton

Sedangkan di Kabupaten Buton, Presiden kabarnya akan mendatangi Pasar Kaloko, Takimpo untuk menyerahan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada para pedagang kaki lima, serta menyalurkan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada pedagang pasar.

Seperti di Kota Baubau, Jokowi juga akan mendatangi Kantor Pos Banabungi, Kabupaten Buton guna memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM, Bantuan Sosial Sembako, dan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada peserta Program Keluarga Harapan. Selain itu juga menyerahan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada pekerja/buruh.

Kabupaten Buton Selatan

Di Kabupaten Buton juga kabarnya Presiden Jokowi akan mendatangi pabrik aspal sebelum menuju Kabupaten Buton Selatan. Sebab di lokasi keempat ini, Presiden nantinya bertemu warga di Pasar Rakyat Batauga, Kabupaten Buton Selatan guna membagikan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada pedagang kaki lima, penyerahan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada pedagang pasar.

Baca:   Bahas RPJMD, Koltim Masuk Skala Prioritas Program Kerja Jokowi

Selanjutnya mendatangi Kantor Pos Cabang Batauga, Lakambau untuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat setempat seperti di kantor pos yang lainnya.

Pada Selasa (27/9) sore, Presiden menuju Bandar Udara Betoambari, Kota Baubau dengan maksud melanjutkan perjalanan kerjanya ke Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara menggunakan pesawat Bae-RJ85.

Laporan: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan