Inilah Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Situs Belanja Online

  • Bagikan
Sumber komunitaskonsumen.id
Sumber komunitaskonsumen.id

SULTRAKINI.COM: Anda bingung mencari situs belanja online terbaik? Cermati, kami punya solusinya!

Membeli sesuatu di situs belanja online tentu bukan hal yang aneh. Selain mudah, belanja online menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang malas keluar rumah. Namun, sebagaimana Anda belanja di toko offline, Anda juga harus berhati-hati saat membeli sesuatu di situs belanja online.

Ada banyak toko online di luar sana yang dikelola asal-asalan bahkan jauh dari kata profesional. Jangan sampai Anda menjadi korban dari toko online yang seperti itu, dikarenakan bisa membuat Anda mengalami masalah atau kerugian dalam bentuk materi.

Jadi sangat dianjurkan Anda lebih selektif memilih situs belanja online terbaik, sehingga Anda dapat menikmati keuntungan dan kenyamanan secara maksimal selama belanja di toko online.

Bagaimana Cara Memilih Situs Belanja Online Terpercaya?

1. Belanja online yang ada di situs jual-beli

Situs belanja online di Indonesia terbilang sangat banyak. Anda juga mudah menemukan berbagai situs belanja online baik melalui media sosial yang dibuat secara khusus untuk toko online. Sebagian besar yang ada justru patut diragukan, walaupun tidak semuanya. Konsumen akan menjadi pihak yang berisiko mengalami kerugian saat toko online tidak dikelola secara profesional.

Biasakan untuk lebih teliti dalam memilih situs belanja online terbaik, supaya Anda tidak mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Sumber manado.tribunnews.com

2. Lihat reputasi toko

Baca:   Doni Monardo ke Kendari, Gubernur Beber Persoalan Hadapi Covid-19 di Sultra

Belanja dengan mudah dan cepat menyenangkan, terutama jika Anda termasuk orang yang sibuk. Akan tetapi, jangan sampai Anda mengambil risiko dengan bertransaksi di toko yang tidak profesional. Penting bagi Anda mengecek reputasi toko online, apalagi jika ini menjadi pembelian pertama di toko online tersebut.

Lihat bagaimana situs belanja online itu dikelola, entah itu dalam bentuk tampilan atau pun layanan yang ditawarkan. Bukan hanya itu, tetapi lihat juga reputasi situs belanja online tersebut di mata pelanggan. Hal tersebut menjadi hal penting untuk dipertimbangkan, selain itu Anda dapat melihat poin yang satu ini melalui testimoni yang ditinggalkan pelanggan

3. Memiliki customer service yang dapat dihubungi

Situs belanja online terpercaya tentu mempunyai customer service yang bisa membantu mencari apa yang konsumen butuhkan. Jadi jika Anda ingin belanja online aman hal ini bisa mengantisipasi risiko penipuan yang sering terjadi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian materi.

Selain itu, pastikan juga Anda mencatat atau memiliki nomor telepon dengan siapa Anda berkomunikasi

4. Apa harga terjangkau?

Hal ini tentu menjadi pertanyaan saat ingin membeli sesuatu. Tidak bisa dipungkiri situs belanja online termurah menjadi pilihan banyak orang. Bahkan sebagian orang, jika barang yang disukainya memiliki harga di luar ekspektasi, maka niat untuk belanja pun sirna.

Jadi tentu memastikan terlebih dulu barang yang ada di situs belanja tersebut mempunyai harga yang terjangkau atau tidak.

Baca:   Google Luncurkan YouTube Musik dan YouTube Premium di Indonesia

5. Menulis data yang diperlukan

Saat membeli barang, pasti ada informasi pribadi yang harus diisi, seperti nama dan alamat. Bahkan, seringkali Anda diminta untuk menyertakan informasi lainnya seperti pendapatan bulanan yang berpotensi disalahgunakan, contohnya untuk mengirimkan spam.

Jadi sangat dianjurkan bagi Anda untuk menuliskan data yang diperlukan saja. Pencurian data pribadi selalu marak di internet, ingat itu.

6. Cek jumlah pelanggan atau followers

Memilih situs belanja yang baru tentu tidak ada salahnya, tetapi situs belanja online yang baru biasanya belum mempunyai banyak pengikut atau pelanggan. Ketika memilih situs belanja, jumlah pelanggan menjadi salah satu pertimbangan. Namun, situs belanja yang bagus dan memuaskan situs belanja tersebut tentu akan mempunyai banyak pelanggan setia.

Biasanya pelanggan akan loyal dan kembali membeli ke situs belanja yang sama untuk waktu yang sangat panjang.

7. Pelajari syarat dan ketentuan berbelanja

Sebelum Anda belanja atau membeli barang yang diperlukan, baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan di situs belanja tersebut seperti prosedur penukaran atau pengembalian barang, garansi produk, dan cara bertransaksi.

8. Perhatikan prosedur dan biaya pengiriman

Jika barang yang dibeli cukup berat atau banyak, sangat dianjurkan perhatikan biaya pengiriman yang akan dikenakan supaya tidak membebani anggaran belanja secara berlebihan.

9. Bandingkan harga barang

Sama halnya dengan belanja di toko offline, situs belanja online juga menawarkan harga yang berbeda-beda. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan cermat untuk menghemat pengeluaran apalagi membeli barang dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi carilah situs belanja online termurah sekaligus terpercaya dan kualitasnya tidak murahan.

Baca:   Telkomsigma Luncurkan Arium Banking Suites Untuk Layani Digital Banking di Indonesia

10. Memperhatikan kualitas barang

Masalah utama saat belanja online biasanya kualitas yang datang bisa berpeluang mengecewakan. Untuk mencegah masalah yang terjadi, membaca deskripsi produk terlebih dulu. Jangan asal beli, karena di deskripsi sudah dijelaskan mulai dari ukuran, warna, bahkan sampai bahan pakaian.

Belanja online di pandemi tentu sudah menjadi kebiasaan banyak orang, selain lebih mudah Anda juga bisa menghemat waktu. Semua barang yang dibeli bisa sampai paling cepat hari itu juga.

Sudah tahu ladara.id? Ladara.id merupakan situs belanja online terbaik yang ada di Indonesia. Produk yang ada di sana dijamin dengan kualitasnya yang bagus, cara belanjanya pun mudah dan dipastikan aman. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan penipuan atau kualitasnya yang tidak sesuai ekspektasi Anda. Karena hanya di ladara.id Anda bisa nyaman dan tenang berbelanja online.

Perlu diketahui, di ladara.id produk yang Anda cari pasti ada, entah itu elektronik, makanan, atau pakaian. Jadi tunggu apalagi, selain bisa buka lewat website, Anda juga bisa mendownload aplikasinya di playstore.

Referensi:

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3176611/perhatikan-7-hal-ini-sebelum-belanja-online

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Belanja Online

https://www.cermati.com/artikel/4-pertimbangan-penting-saat-memilih-toko-online-terpercaya

https://m.kumparan.com/kumparanstyle/4-pertimbangan-wanita-sebelum-putuskan-belanja-online/full

https://wolipop.detik.com/sale-and-shop/d-1786782/8-tips-aman–nyaman-belanja-online

https://www.cermati.com/artikel/tips-pintar-memilih-tempat-belanja-online-yang-aman-tanpa-menggunakan-kartu-kredit

  • Bagikan