Inovasi BPMP Sultra: Peluncuran ULT Online dan ULT Keliling di SMPN 1 Tirawuta Koltim, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR-Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan dua inovasi baru, Unit Layanan Terpadu (ULT) Online dan ULT Keliling, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara. Kegiatan peluncuran ini berlangsung pada Kamis, 11 Juli 2024, di SMPN 1 Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, dihadiri oleh para pemangku kepentingan pendidikan setempat.

Junaiddin Pagala, Kepala BPMP Sultra, menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. “Dengan adanya ULT Online dan ULT Keliling, kita dapat memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber daya pendidikan yang berkualitas. Ini adalah langkah konkret untuk memastikan semua siswa dan guru di Sulawesi Tenggara, terutama di daerah terpencil, dapat memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

Program ini bertujuan memberikan bimbingan teknis kepada guru dan siswa dalam mengaktifkan serta memanfaatkan akun Belajar.id, sebuah platform yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai sumber daya pembelajaran daring untuk mendukung proses belajar mengajar.

Sementara itu, Drs. Syafrudin, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Timur, menyatakan bahwa inisiatif ini sangat penting untuk mempercepat transformasi digital dalam pendidikan. “Dengan adanya ULT Online dan ULT Keliling, kita berharap dapat menjangkau lebih banyak sekolah dan memberikan bantuan teknis yang dibutuhkan. Ini adalah langkah besar dalam memastikan semua siswa dan guru di Kolaka Timur dapat mengakses sumber daya pembelajaran yang berkualitas,” ungkapnya.

Kegiatan peluncuran secara resmi dibuka oleh Kepala BPMP Sultra, Junaiddin Pagala, S.T., M.T., dengan tema “Coaching Clinic Aktivasi Akun Belajar.id”. Peluncuran ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Timur, Drs. Syafrudin, M.Pd., serta para Kepala Sekolah Satuan Pendidikan di Rate-Rate.

Untuk menyukseskan acara ini, BPMP Sultra bekerja sama dengan Kapten Belajar.id Sulawesi Tenggara, Irma Lismayani, dan Co-Captain Belajar.id Kolaka Timur, Sovya Nur Kartika. Kedua tokoh ini dikenal aktif dalam mempromosikan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan diharapkan dapat memberikan inspirasi serta bimbingan praktis bagi para peserta.

Para kepala sekolah dari satuan pendidikan di Rate-Rate yang hadir dalam acara ini juga menyambut baik program ULT Online dan ULT Keliling. Mereka berharap inovasi ini dapat membantu mengatasi tantangan yang dihadapi dalam penerapan teknologi di sekolah-sekolah mereka.

  • Bagikan