Inspektorat Konawe Tingkatkan Kompetensi Auditor

  • Bagikan
Bimtek Auditor Inspektorat Konawe bertajuk pelatihan kantor sendiri. (Foto: Ist)
Bimtek Auditor Inspektorat Konawe bertajuk pelatihan kantor sendiri. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Inspektorat Kabupaten Konawe terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas tim Auditor dilingkup Inspektorat.

Baru-baru ini, para auditor setempat mendapat suplemen berupa ilmu dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra melalui bimbingan teknis (Bimtek) yang bertajuk pelatihan kantor sendiri (PKS). Melalui BPKP, tim auditor dilatih seputar manajemen risiko saat bertugas.

loker wartawan sultrakini

Kepala Inspektorat Konawe, Rebiansyah Halip mengatakan, kegiatan PKS tersebut digelar dalam rangka pencapaian target indikator kinerja, utamanya di lingkup Inspektorat Konawe itu sendiri.

Bahkan, dia menargetkan di tahun 2022 ini, Inspektorat Konawe bisa mencapai level 3 dalam hal kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

“Kalau level tiga itu, artinya kita sudah memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi keefektifan, efisiensi, serta keekonomisan pada tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Konawe. Jadi setelah Bimtek dalam kegiatan PKS ini, auditor Inspektorat nantinya akan melakukan Bimtek pula ke masing-masing OPD terkait manajemen risiko,” ujar Rebiansyah Halip di kantornya, Kamis (24 Februari 2022).

Rebiansyah menuturkan, pemateri dalam giat PKS itu diisi oleh utusan dari BPKP Sultra. Adapun materi yang diberikan yakni menyangkut standar operasional prosedur (SOP) kegiatan Bimtek, serta terkait manajemen risiko.

Sasaran kegiatan PKS tersebut, lanjutnya, Inspektorat Konawe dalam waktu dekat bakal melakukan Bimtek pada empat OPD, khususnya yang berkaitan dengan program unggulan visi misi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Keempatnya, yakni instansi yang mengurusi sektor pertanian, perikanan, peternakan, termasuk yang menangani persoalan infrastruktur di Konawe.

Baca:   Siap-siap, Petani dan Penyuluh Kabupaten Konawe Dapat Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

“Kami di Inspektorat Konawe punya 46 auditor. Harapannya dengan bimtek dari BPKP Sultra itu, ilmu yang didapat bisa diimplementasikan agar kapasitas dan kompetensi auditor Inspektorat terus meningkat,” harapnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan