Institut Haluoleo dan Bawaslu Kendari Berkomitmen Bersama Jaga Integritas Pemilu 2024

  • Bagikan
Saat menyambangi Bawaslu Kota untuk menjalin Kerjasama. (Foto:Riswan/SULTRAKINI)

SULTRAKINI. COM: KENDARI- Siap-siap, Pemilu 2024 akan menjadi sorotan ketat dengan The Haluoleo Institut ikut serta sebagai mata dan telinga yang waspada. Melalui kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendari, mereka bertekad untuk menjaga integritas proses demokrasi.

Perjanjian ini ditandai dengan penyerahan sertifikat pemantau Pemilu oleh Bawaslu Kendari kepada tim Institut Haluoleo di markas Bawaslu Kendari pada Jumat (9/2/2024).

Hafren Irun, salah satu anggota tim Institut Haluoleo, menjelaskan bahwa mereka tidak hanya sekadar melakukan kegiatan rutin sebelum Pemilu, tetapi kali ini, mereka akan turun langsung menjadi pengawas bersama Bawaslu.

“Kami akan menjadi garda terdepan dalam memastikan bahwa setiap TPS berjalan dengan netralitas dan transparansi yang tak tercela,” ungkapnya.

Langkah ini diambil karena seringkali masyarakat melaporkan adanya potensi kecurangan di TPS, dan Institut Haluoleo ingin menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah tersebut.

Namun, untuk Pemilu kali ini, Institut Haluoleo akan menurunkan timnya hanya untuk seluruh TPS di Kota Kendari dengan total 1.030 TPS. Setiap TPS akan diawasi oleh satu orang anggota tim yang sudah terlatih dengan baik.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin, menyambut baik langkah yang diambil oleh Institut Haluoleo untuk mendukung kerja Bawaslu dalam mengawasi jalannya Pemilu.

“Ini adalah sinergi yang hebat dalam menjaga keadilan dan kejujuran dalam Pemilu. Mari kita bersama-sama menjaga integritas proses ini, dan jika ada indikasi ketidakberesan di lapangan, mari kita segera tindaklanjuti,”

Laporan: Riswan

  • Bagikan
Exit mobile version